iOS 15 Sudah Dirilis, Dari Tampilan Baru Hingga Fitur Simpan Kunci Rumah

iOS 15
iOS 15 (Apple)

JAVASTECH.COM – Sebelumnya, iOS 15 diperkenalkan oleh Apple pada Juni lalu di event Worldwide Developer Conference (WWDC). Kini, suksesor iOS anyar tersebut sudah bisa dicoba dibeberapa iPhone pengguna.

iOS 15 hadir dengan membawa sejumlah perubahan berupa hadirnya fitur dan beberapa tampilan baru untuk lebih menyegarkan User Interface dari iOS ini.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 15 fitur baru yang hadir di iOS 15 yang dirangkum dari GadgetsNow, Selasa (22/9/2021).

1. Tampilan Notifikasi

Tampilan Notifikasi iOS 15

Sekarang, bubble notification dari iOS 15 sudah dirubah dengan bentuk yang lebih besar. Lalu pada notifikasi ini juga bisa dirangkum secara otomatis dan dapat dibuka lagi pada waktu tertentu. Serta untuk kontak yang diberi foto, maka foto tersebut ikut muncul jika notifikasi masuk.

2. Dapat Melacak Hilangnya AirPods Pro dan AirPods Max

Jika suatu waktu AirPods Pro/Max hilang, maka iPhone dengan iOS 15 bisa melacak keberadaan terakhir dari perangkat tersebut. Caranya dengan menyalakan Bluetooth disekitaran lokasi terakhir dimana AirPods hilang. Jika AirPods dan iPhone terhubung, maka iOS 15 akan memberi sinyal suara.

3. Focus Mode

Focus Mode
Focus Mode (Apple)

Untuk mengurangi penggunaan ponsel, maka Focus Mode bisa diaktifkan dengan beberapa profil yang diinginkan. Apabila aktif, maka notifikasi yang masuk ke iPhone akan disesuaikan dengan profil. Serta notifikasi ini masih bisa disortir oleh pengguna.

Sebelum digunakan, pengguna juga bisa menyetel terlebih dahulu profilnya agar tetap bisa menerima notifikasi namun sesuai dengan kepentingan yang diinginkan. Misalnya, menyalakan profil “Personal”, maka notifikasi yang berasal dari luar profil tersebut tidak akan masuk. Focus Mode ini juga akan aktif apabila iPhone tersambung dengan perangkat iPad atau Apple Watch

4.  Tampilan Baru di Browser Safari

Safari Lebih Baru
Tampilan Safari di iOS 15 (Apple)

Sekarang, tab menu browser Safari sudah diperkecil dan posisinya dipindahkan dibawah layar. Jika ingin membuka beberapa tab yang aktif, maka pengguna cukup geser tab tersebut. Selain itu, browser Safari juga tersedia fitur Grup Tab agar pengguna dapat memasukan beberapa laman ke dalam folder.

5. Kamus Bahasa India

iOS 15 kini sudah memiliki kamus terjemahan baru yakni Bahasa India. Beberapa fitur terjemahan untuk bahasa ini antara lain Urdu-English, Tamil-English, Telugu-English dan Gujarati-English.

6. FaceTime Hadir di Windows dan Android

FaceTime di Windows dan Android
FaceTime di Windows dan Android (MacRumors)

FaceTime adalah sebuah layanan video call dari Apple untuk perangkat buatannya dari iPad, iPhone, MacBook dan iMac. Kini layanan tersebut sudah hadir di lintas platform Windows dan Android.

Jadi, bagi pengguna diluar iOS yang ingin bergabung dalam FaceTime, maka memerlukan tautan undangan dari pengguna iOS. Cukup menyalin tautan kemudian bagikan lewat platform yang biasa digunakan.

Jika pengguna non-iOS sudah menerimanya, klik tautan tersebut dan nantinya akan dibawa ke browser untuk bergabung ke FaceTime versi browser. Mekanisme ini mirip dengan tautan undangan dari layanan Zoom.

7. Kualitas Audio FaceTime Lebih Baik

Selain sudah support FaceTime untuk diluar iOS, FaceTime di iOS 15 kini sudah memiliki peningkatan dengan hadirnya fitur Spatial Audio. Fitur ini untuk meredam kebisingan suara dan meningkatkan kualitas suara bicara dari pengguna.

8. Tampilan 3D pada Apple Maps

Apple Maps 3D
Apple Maps 3D (Apple)

Agar keperluan navigasi lebih baik, Apple turut memperbarui Apple Maps dengan hadirnya tampilan 3D. Dengan tampilan tiga dimensi ini, tampilan peta jadi lebih detail dan segar dengan bangunan yang sesuai dengan peta tersebut.

Kemudian ada fitur Nearby Transit dimana pengguna iPhone dengan iOS 15 dapat menyetel navigasi dengan mudah ketika menggunakan transportasi umum.

9. Memoji Baru dan Dapat Disesuaikan

Memoji iOS 15
Memoji iOS 15 (9to5Mac)

Memoji yang ada di iOS 15 kini sudah dapat disesuaikan dengan selera pengguna. Misalnya, mengubah warna rambut dan warna mata. Bisa ditambahkan juga dengan aksesoris Memoji dengan kacamata, ikon hati dan bentukan retro. Lalu, ada stiker baru yaitu shaka (dua jari), lambaian tangan, lampu dan lainnya lagi.

10. Highlights dan Detail Foto di Photos

Video yang tersimpan di aplikasi Photos, kini sudah bisa dibuatkan highlight melalui fitur Memories. Fitur ini juga bisa langsung dicari melalui pencarian Spotlight.

Lalu hasil jepretan foto kini informasinya sudah lebih banyak dengan adanya kamera yang digunakan, lensa, shutter speed, exposure hingga ukuran file.

Jika masih kurang lengkap, foto tersebut masih bisa disunting informasinya dengan menambakan lokasi, maksud foto dan lainnya lagi.

11. Mendukung Musik di Aplikasi Photos

Untuk meningkatkan pengalaman dari aplikasi Photos, maka aplikasi tersebut sudah mendukung penggunaan musik untuk personalisasi pengguna. Jadi, ketika melihat sederet foto yang dibuat dari Memories, maka dapat dialunkan dengan lagu yang dapat dipilih sesuai keinginan. Hal ini karena aplikasi Apple Music terintegrasi dengan Photos.

12. Teks dari Gambar Bisa Disalin

Live Text
Live Text (Apple)

Fitur ini disebut Live Text yaitu dengan bantuan teknologi AI pada kamera iPhone, maka dapat mengambil tulisan dari foto yang telah dibidik. Tulisan ini bisa disalin atau diterjemahkan.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Visual Look Up, untuk mengetahui keterangan dari gambar yang telah dipotret.

13. Apple Wallet Dapat Menyimpan Kunci Rumah dan Kendaraan

Apple Wallet iOS 15
Apple Wallet iOS 15 (Apple)

Selain dapat menyimpan kartu debit atau transaksi, Apple Wallet kini diperbarui dengan dapat menyimpan kunci digital rumah dan kendaraan. Tak hanya itu saja, kartu identitas pun juga bisa dimasukan ke aplikasi tersebut.

14. SharePlay

SharePlay
SharePlay (TheVerge/Apple)

Dengan fitur SharePlay, pengguna iOS 15 dapat berbagi konten seperti misalnya mendengarkan musik atau streaming Netflix untuk dinikmati bersama-sama ketika berada di FaceTime.

15. Aplikasi Weather Mengikuti Cuaca Saat Ini

Weather iOS 15
Weather iOS 15 (Apple)

Tampilannya kini sudah lebih menarik dan interaktif karena tampilan aplikasi Weather di iOS 15 akan mengikuti cuaca saat ini. Misalnya, jika cuaca disekitar sedang hujan, maka tampilan aplikasi akan mendung gelap disertai animasi hujan. Sebaliknya, jika sedang cerah, maka tampilannya ikut cerah.

error: Salin konten dilarang