Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Berikut Fakta Prosesor Adalah Segalanya Untuk Komputer atau Laptop

0

Membeli laptop atau merakit komputer tentu komponen yang sudah pasti ada yakni prosesor. Perangkat keras berbentuk kontak ini merupakan salah satu “otak” daripada pemrosesan sebuah komputer. Tanpa adanya prosesor maka pemrosesan sudah pasti tidak bisa dijalankan. Ada berbagai macam tipe dan spesifikasi prosesor yang tersedia. Semakin tinggi tipe dan spesifikasinya maka pemrosesan komputer atau laptop akan semakin cepat pula. Oleh karena itu kita harus paham betul mengenai tipe dan spesifikasi prosesor yang akan dipilih. Karena benda tersebut berperan besar dalam sebuah pemrosesan komputer.

Seperti yang kita tahu komputer atau laptop memiliki semua komponen yang diperlukan seperti RAM, VGA, SSD/HDD dan lain lain. Tapi semua yang disebutkan ini memiliki peranan penting dalam bergeraknya sebuah komputer. Akan tetapi diantara semua komponen tersebut ternyata prosesor adalah satu-satunya komponen yang terpenting dari segalanya. Mengapa bisa dikatakan demikian?

Berikut Fakta Prosesor Adalah Segalanya Untuk Komputer atau Laptop

Fakta Prosesor Untuk Komputer

Contohnya seperti ini. Sebuah kapasitas RAM kapastias maksimalnya berdasarkan dari prosesor. Kemudian motherboard kita tidak bisa asal pilih karena kita harus mencocokan prosesor dengan tipe socket yang dimilikinya. Baru saja adalah contoh sedikitnya saja dan sebenarnya masih banyak lagi fakta yang menunjukan jika prosesor adalah segalanya untuk komputer atau laptop. Lalu apa sajakah fakta tersebut? Berikut ini adalah informasinya.

1. Prosesor Mendukung Performa PemrosesanPerforma Prosesor Intel Gen 10

Ini adalah salah satu poin yang paling pertama jika prosesor mendukung performa pemrosesan. Dikatakan demikian karena prosesor akan memproses apa saja yang sedang dikerjakan oleh komputer. Contohnya ketika bermain game atau editing. Apabila prosesor semakin tinggi spesifikasi dan semakin baru produknya maka pemrosesan akan semakin ngebut tanpa ada lag atau hal mengganggu lainnya.

Seperti contohnya produk terbaru dari Intel adalah Intel Core i3, i5, i7 dan i9 dengan gen 10. Sebenarnya dari gen ini saja sudah terbaca bukan bagaimana tingkat pemrosesannya? Diketahui Intel generasi ke-10 sudah mendukung arsitektur 10nm atau “Ice Lake”. Apa maksudnya? Maksudnya adalah prosesor dengan arsitektur tersebut sudah memiliki ukuran yang lebih kecil, ringan dan tipis. Tentu karena ini maka performa akan semakin bagus. Ditambah lagi generasi ke-10 ini sudah support teknologi Intel Optane Memory yang mana bisa meningkatkan kecepatan proses SSD atau HDD.

2. Prosesor Membuat Koneksi Semakin Cepat dan StabilKonektivitas Intel Gen 10

Tahun 2020 hingga ditahun yang akan mendatang semua pekerjaan sudah berhubungan dengan internet. Bahkan mungkin sudah menjadi wajib karena sudah mulai adanya “Cloud Computing”. Internet yang dibutuhkan pun sudah nirkabel dan kini mulai mengurangi penggunaan internet berkabel karena dianggap repot. Karena hal tersebut tentu kita membutuhkan tangkapan koneksi wireless yang cepat lagi stabil.  Nah, pada prosesor dengan Intel gen 10 ini sudah mendukung Wi-Fi 6 (Gig+) yang mana 3x lebih cepat daripada Wi-Fi generasi sebelumnya.

Selain itu karena prosesor ini sudah generasi terbaru maka mendukung juga untuk port Thunderbolt 3 yang punya bandwidth 8x lebih cepat untuk transfer data dibanding USB 3.0. Dan tak ketinggalan juga sudah support untuk koneksi USB Type-C dengan multifungsi transfer data, sambungan layar, bahkan untuk pengisian daya yang membuat laptop makin tipis dan ringkas.

3. Prosesor Mampu Meningkatkan Pengalaman HiburanIntel Iris Plus

Selain prosesor bisa diandalkan untuk kegiatan bekerja, otak komputer tersebut juga bisa digunakan untuk soal hiburan. Bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah prosesor ini mampu meningkatkan kualitas untuk kegiatan hiburan kita seperti streaming YouTube, Netflix atau menonton film dari file hasil download. Nah, pada Intel terbaru ini gen ke-10 sudah memiliki kartu grafis yang terintegrasi dengan prosesor itu sendiri namanya adalah Intel Iris Plus. Hasil yang didapatkan dari teknologi tersebut adalah mampu mendukung video HDR 4K dan kualitas gaming hingga full 1080p. Selain itu support untuk audio Dolby Atmos surround 3D melalui USB atau jack headphone.

4. Prosesor Mendukung Pekerjaan Content Creator

Konektivitas Intel Gen 10

Pekerjaan content creator selain dari YouTuber, blogger ada juga dari editor foto atau video. Kini Intel gen ke-10 sudah support teknologi Artificial Intelligence dan dengan adanya teknologi tersebut para editor semakin dimudahkan untuk kegiatan editing sehingga waktu pekerjaan ikut terpangkas juga. Misalnya saja menghapus background gambar di Photoshop. Hanya sekali klik, seleksi background yang akan dihapus semakin detail dan pintar. Berbeda dengan sebelumnya dimana kita harus teliti lagi untuk menghapus sisa background dari hasil seleksi yang dilakukan.

Sedangkan untuk para editor video ada juga fitur Auto Reframe di Adobe Premiere Pro yang mampu mengenali objek bergerak dan memfokuskannya walaupun berpindah-pindah frame. Masih banyak lagi kemampuan AI yang diberikan untuk mempermudah pekerjaan content creator.

5. Prosesor Membuat Kegiatan Gaming Semakin ImersifPerforma Intel Gen 10 Gaming

Teruntuk para gamers, tentu pemilihan prosesor adalah hal yang serius dan perlu diperhatikan dengan benar. Karena prosesor mempengaruhi kualitas dan pengalaman ketika sedang bermain game khususnya untuk game berat. Berkat adanya kecepatan akselerasi hingga 5.3Ghz pada Intel gen ke-10 maka performa bermain game tentu sangat lancar tanpa lag bahkan FPS dapat stabil. Selain itu adanya fitur VESA’s Adaptive Sync dari Intel Iris Plus maka kegiatan gaming dapat lebih smooth karena dukungan layar Full HD 1080p.

Penutup

Demikian informasi mengenai fakta bahwa prosesor adalah segalanya untuk komputer atau laptop. Memang dari poin-poin ini pinpoint prosesornya adalah Intel gen ke-10. Karena memang teknologi yang semakin baru maka akan melahirkan fakta yang akan meningkatkan bahwa prosesor merupakan komponen yang berpengaruh besar terhadap segala tugas yang dikerjakan.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More