Download ISO Windows 11 (64-bit) All-in-One Resmi Microsoft

JAVASTECH.COM – Setelah Windows 11 resmi tersedia, banyak pengguna Windows 10 yang ingin segera upgrade ke sistem operasi anyar ini. Bagaimana tidak, pada Windows 11 ini banyak fitur-fitur baru dan tentu saja tampilannya yang kini lebih segar.

Bagi pengguna yang ingin langsung menggunakan Windows 11, dapat mengecek ketersediannya melalui menu “Settings” lalu lanjut ke “Update & Secutiry”.

Di menu tersebut, pengguna akan dibawa ke Windows Update dan apabila sudah mendukung spesifikasi minimum, maka notifikasi upgrade ke Windows 11 akan muncul beserta tombol “Download and install”.

Untuk spesifikasi minimum Windows 11 mulai dari prosesor dual-core dengan arsitektur 64-bit berkecepatan 1 Ghz. Kemudian kapasitas storage 64GB, memori RAM 4GB, kartu grafis yang mendukung DirectX 12 dan resolusi monitor 720p.

Spesifikasi Minimum Windows 11
Spesifikasi Minimum Windows 11 (Screenshot/Microsoft)

Sayangnya, ada beberapa laptop atau komputer pengguna yang sebenarnya sudah memenuhi kriteria spesifikasi namun dianggap tidak kompatibel.

Hal seperti ini sebenarnya wajar saja dikarenakan Windows 11 sendiri baru rilis sehingga perlu penyesuaian juga terhadap beberapa perangkat yang ingin di-install sistem operasi tersebut.

Akan tetapi, jika kamu merasa bahwa perangkat sudah memenuhi kriteria bahkan diatas dari keperluan minimum, maka ada solusi lain dengan cara melakukan instalasi secara manual menggunakan file ISO.

Kabar baiknya, selain Windows 11 tersedia dalam bentuk upgrade lewat Windows Update, juga tersedia dalam bentuk file ISO yang bisa di-download oleh semua pengguna.

File ISO ini disediakan langsung oleh Microsoft, sehingga pastinya aman untuk di-download pengguna karena tidak ada virus atau malware yang disisipkan didalamnya.

Bagi yang berminat untuk instalasi manual Windows 11, maka bisa download file ISO Windows 11 melalui tombol download dibawah ini.

Download Windows 11 64-bit

File ISO ini bahkan tersedia dalam edisi Home, Profesional, Education hingga Workstation. Sehingga kamu dapat memilih edisi Windows 11 yang ingin digunakan.Melihat dari Windows 10 dipasaran, umumnya edisi yang sering digunakan adalah edisi Home/Home Single Language atau Professional.

Untuk langkah-langkah download file ISO Windows 11 adalah sebagai berikut.

  1. Download Windows 11 melalui link yang sudah disediakan.
  2. Silakan menuju bagian “Download Windows 11 Disk Image (ISO)” dan pilih “Windows 11”. Jangan lupa setelah itu klik “Download”.
  3. Sebelum lanjut download, pengguna harus memilih bahasa terlebih dahulu. Silakan pilih “English” dan lanjutkan dengan “Confirm”.
  4. File ISO siap di-unduh. Untuk lanjut, silakan klik “64-bit Download”.

Jika sudah selesai download, maka langkah selanjutnya adalah membuat bootable dari file ISO tersebut. Tutorialnya adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan flashdisk kosong dengan kapasitas 8GB dan hubungkan ke laptop/PC.
  2. Temukan file ISO Windows 11 yang sudah di-download.
  3. Jika sudah menemukannya, silakan klik kanan file tersebut untuk di ekstrak menggunakan WinRAR.
  4. Ekstrak file tersebut dengan cara “Extract file…” dan pilih flashdisk sebagai tujuan ekstraknya.
  5. Tunggu hingga proses ekstraknya selesai.
  6. Apabila sudah selesai, maka flashdisk akan berubah logo menjadi bootable Windows.
error: Salin konten dilarang