Tips: Cara Mudah Menghilangkan Jumlah “Like” Pada Instagram dan Facebook

Facebook dan Instagram (ABC News)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Kini Instagram memiliki fitur terbarunya yaitu dapat menyembunyikan jumlah “like” di aplikasinya. Tak hanya itu, fitur tersebut juga telah hadir di perusahaan induknya, Facebook.

Meski demikian, angka like yang disembunyikan sebenarnya tidak benar-benar hilang, melainkan disembunyikan secara privat. Sehingga pemilik akun masih bisa melihat like yang didapat dari postingannya.

Alasan Instagram menghadirkan fitur ini untuk mengurangi kompetisi jumlah like pada postingan Instagram di setiap akun. Alhasil dengan seperti ini para pengguna dapat lebih fokus untuk mengunggah konten tanpa terpicu oleh jumlah like.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan fitur ini baik di Instagram maupun Facebook? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone.
  2. Ketika sudah masuk ke aplikasi, silakan buka menu profil.
  3. Buka menu navigasi dengan klik ikon tiga garis disudut kanan atas dan dilanjut dengan buka menu pengaturan.
  4. Setelah masuk ke pengaturan, silakan buka menu “Privacy” lalu lanjut ke menu “Posts”.
  5. Silakan matikan tombol “Hide Like and View Counts” untuk menyembunyikan jumlah like postingan Instagram.
  6. Selesai.

Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya akan berlaku dan aktif untuk unggahan terbaru saja. Artinya meskipun fitur ini diaktifkan, maka jumlah like pada unggahan terlama masih akan terlihat.

Namun, jika kamu tetap ingin menyembunyikan jumlah like pada unggahan lama, maka kamu harus mengaktifkan fitur ini secara manual dengan cara buka post unggahan terlama > klik ikon tiga titik > pilih “Hide Like Count”.

Cara Menyembunyikan Jumlah Like/Reaction di Facebook

  1. Buka aplikasi Facebook di smartphone.
  2. Buka menu navigasi dengan cara klik ikon tiga garis. Disini lanjutkan dengan buka menu “Settings & Privacy” dan pilih “Settings”.
  3. Setelah menu pengaturan terbuka, silakan gulirkan halamannya ke bagian “News Feed Settings”. Dibagian ini silakan pilih menu “Reaction Preferences”.
  4. Dimenu ini tersedia dua opsi yaitu tombol menonaktifkan jumlah reaction pada postingan orang lain dan nonaktifkan jumlah reaction untuk postingan pribadi. Kamu bisa menerapkan salah satu atau sekaligus keduanya.
  5. Selesai.

Dengan kamu menonaktifkan reaction pada Facebook, maka kamu tidak akan melihat jumlah reaction dari teman untuk postingan pada feeds, pages maupun groups.

Exit mobile version