Cara Menggunakan Microsoft Office Secara Gratis dengan Fitur Lengkap

Ilustrasi Microsoft Office
Ilustrasi Microsoft Office
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Microsoft Office adalah software atau perangkat lunak buatan dari perusahaan Microsoft. Software ini sudah menjadi “barang” yang wajib tersedia di komputer atau laptop karena kegunaannya untuk mengolah kata (Ms. Word), mengolah angka (Ms. Excel) sampai mengolah data (Ms. Access).

Namun, untuk mendapatkan software ini, pengguna harus membeli lisensi resminya terlebih dahulu. Atau juga bisa mendapatkannya dengan cara berlangganan melalui Microsoft 365.

Biaya berlangganannya sendiri dibanderol berbeda-beda tergantung paket yang dipilih. Terdapat empat paket yang tersedia yang bisa kamu cek disini.

Meski demikian, Microsoft sendiri juga menyediakan layanan Microsoft 365 secara gratis. Benar sekali, layanan tersebut bisa digunakan secara gratis melalui halaman office.com.

Tapi sebelum menggunakan layanan tersebut secara graits, tentu ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu yaitu memiliki akun Microsoft.

Tutorial Menggunakan Microsoft Office Secara Gratis Lewat Website

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Microsoft terlebih dahulu. Silakan akses di tautan berikut ini dan isilah kolom yang dibutuhkan. Pembuatan email ini, bisa menggunakan email yang sudah ada, email baru (outlook atau hotmail) atau menggunakan nomor telepon.
  2. Jika sudah membuatnya, jangan lupa untuk lakukan verifikasi dengan kode OTP yang dikirim.
  3. Akun yang sudah dibuat, akan mendapatkan penyimpanan OneDrive sebesar 5 GB secara gratis. Kapasitas ini cukup untuk menyimpan dokumen yang dibuat dari Microsoft Office.
  4. Setelah selesai membuat akun, silakan masuk ke laman Office melalui tautan berikut.
  5. Jika sudah masuk, semua layanan Microsoft Office bisa dinikmati oleh pengguna dengan fitur yang lengkap seperti pada software-nya.

Tutorial Mulai Membuat Dokumen

  1. Untuk memulai membuat dokumen, silakan pilih salah satu layanan yang ingin digunakan. Contohnya disini memilih Ms. Word.
  2. Selanjutnya, akan muncul lembar kerja kosong dengan ikon “+” dan template lembar kerja lainnya. Silakan klik ikon “+” untuk mulai mengerjakan dokumen.
  3. Dokumen yang kamu kerjakan, otomatis langsung tersimpan ke OneDrive dengan notifikasi “Saved to OneDrive” (ketika proses pengetikan sedang berhenti). Atau juga bisa “Save as” dengan klik menu “File”.
  4. Untuk mengecek hasil dokumen yang tersimpan, silakan buka menu (ikon titik-titik) disudut kiri atas > pilih layanan OneDrive.
  5. Jika memerlukan file tersebut untuk keperluan offline, maka buka OneDrive > klik kanan pada dokumen yang telah dibuat > pilih download.

Begitulah cara dalam menggunakan Microsoft Office secara gratis melalui website office.com. Dengan bermodalkan akun Microsoft saja, seluruh layanan office bisa digunakan secara gratis dengan fitur yang lengkap. Silakan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk digunakan. Selamat mencoba!

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version