Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android Dengan Mudah

0

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android – Google Maps adalah sebuah layanan peta digital yang disediakan oleh raksasa mesin pencari, yakni Google. Layanan ini dapat digunakan diseluruh platform mulai dari Android, iOS bahkan hingga bisa digunakan pada komputer dengan membuka browser terlebih dahulu. Namun, Google Maps hanya dapat maksimal digunakan pada perangkat mobile saja. Untuk bisa menggunakan layanan ini maka smartphone harus terhubung dengan internet agar bisa mengambil data lokasi dan denah yang akan ditampilkan.

Google Maps dari waktu ke waktu selalu melakukan update untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan update terbaru yang kita ketahui adalah bisa menggunakan peta tersebut tanpa harus terkoneksi dengan internet. Update terbaru ini memang sangat bermanfaat untuk sebagian pengguna yang memerlukannya terlebih lagi ketika tidak memiliki kuota untuk membuka Google Maps.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android Dengan MudahCara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Walaupun saat ini sudah bisa digunakan secara offline, namun tetap saja ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar peta tersebut tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya. Berikut ini Java’sTech akan menghadirkan bagaimana caranya untuk menggunakan Google Maps secara offline di Android dengan mudah. Simak selengkapnya berikut ini.

Catatan: Cara Ini mungkin akan terlihat berbeda apabila kamu mengikutinya. Hal ini disebabkan karena perbedaan versi pada Google Maps.
  1. Buka Google Maps dan pastikan sudah terlogin terlebih dahulu dengan Gmail.
  2. Klik ikon menu navigasi di sudut kiri atas dan silakan temukan “Peta Offline”.Menu Peta Offline
  3. Ketika menu “Peta Offline” dibuka maka ada menu seperti pada digambar. Kemudian kamu pilih “Pilih Peta Anda Sendiri”.Pilih Peta Anda Sendiri
  4. Akan tampil tampilan peta dengan bingkai kotak berwarna biru sepert ini. Silakan atur denah mana yang ingin kamu ambil dengan cara geser, zoom in/out dan apabila sudah fix dengan denahnya, klik “Download” untuk mengambil denahnya.Tampilan Pilih Area Peta
  5. Rincian download denah peta akan masuk pada menu “Peta Offline”. Kamu juga bisa memberikan nama peta tersebut sesuai dengan keinginan kamu.
    Peta di Download
    Peta di Download
  6. Setelah selesai, silakan coba untuk matikan data dan mulai setel peta dari tempat berangkat hingga ke tempat tujuan.Peta di Gunakan Offline

Mengapa kita harus download terlebih dahulu? Karena untuk bisa menggunakannya secara offline maka Google Maps memerlukan sebuah data dari denah peta terlebih dahulu khsususnya untuk lokasi dengan alamatnya. Hasil downloadnya akan disimpan didalam perangkat untuk kemudian di muat kembali ketika diambil lewat menu peta offline. Logikanya sama seperti mengunduh lagu dan kemudian di putar dengan aplikasi pemutar musik.

Demikian informasi tutorial yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan tetap pantau informasi terbaru lainnya di javastech.com!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More