Cara Mengetahui Versi dan Nomor Build Windows 7, 8/8.1 dan 10

Beri Nilai Informasi

Cara Mengetahui Versi dan Nomor Build Windows 7, 8/8.1 dan 10 – Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi Windows? Semua orang pasti pernah menjumpainya. Dengan keunggulannya yang user-friendly, menjadikan sistem operasi ini mudah untuk dioperasikan dan oleh karena alasan itulah mengapa Windows menjadi sistem operasi yang populer dan mudah untuk digunakan. Saat ini, sistem operasi yang masih sering dijumpai adalah Windows 7, 8/8.1 dan 10. Tetapi didalam sistem operasi itu ada yang namanya fitur “Windows Update”. Fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk memperbarui Windows apabila Microsoft telah merilis update tersebut.

Karena Windows ini dapat diperbarui, maka nomor build dapat berubah. Lalu bagaimana dengan soal versi? Versi tetaplah tidak berubah, karena sudah permanen berdasarkan arsitektur yang telah dirancang dari awal. Sebagian dari kita mungkin mengabaikan nomor build pada Windows, padahal nomor ini sebenarnya bersifat penting khususnya terkait pembaruan Windows 10. Sebab, tidak semua pembaruan memiliki hasil yang sempurna dan apabila kita melihat atau mengingat nomor build terakhir sebelum update, maka pengguna dapat mengembalikannya sesuai dengan nomor tersebut.

Cara Mengetahui Versi dan Nomor Build Windows 7, 8/8.1 dan 10Cara Melihat Versi dan Nomor Build Windows

Itulah mengapa sebabnya kita perlu mengetahui nomor build tersebut tapi jangan lupakan juga dengan versi. Versi yang ada di Windows adalah 32 bit dan 64 bit dan keduanya digunakan sebagai acuan cara kerja prosesor dalam menangani informasi. Jadi, ketika install software maka harus perhatikan ia untuk Windows versi apa. Jika Windows memiliki versi 32 bit namun di install software untuk versi 64 bit, maka tentu saja akan tertolak. Karena informasi yang akan diterima tidak sesuai pada arsitekturnya. Baik langsung saja simak selengkapnya dibawah ini untuk cara mengetahui versi dan nomor build Windows 7, 8/8.1 dan 10.

1. Cara Mengetahui Versi Windows Tanpa AplikasiInformasi Windows di Control Panel

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, karena informasinya sendiri sudah disediakan oleh Windows melalui Control Panel, kita cukup menggunakan beberapa trik mudahnya seperti berikut ini.

  • Menggunakan tombol keyboard kombinasi WinKey + Pause/Break”. Jika tidak berfungsi, maka tambahkan tombol “Fn” sesudah menekan tombol WinKey.
  • Atau ikuti dengan alamat berikut ini. Control Panel > System and Security > System.

2. Cara Mengetahui Versi dan Nomor Build Windows Melalui “DxDiag”Informasi Windows di DxDiag

DxDiag adalah sebuah tool untuk melihat informasi tentang spesifikasi secara ringkas tentang semua komponen hardware dan driver yang terinstall pada perangkat komputer. Tetapi DxDiag juga bisa digunakan untuk melihat versi sekaligus nomor build pada Windows. Lalu bagaimanakah cara mengetahui keduanya?

Caranya silakan buka program “RUN” dengan mencarinya di pencarian Windows atau langsung menggunakan tombol kombinasi “WinKey + R”. Setelah terbuka, ketikan “dxdiag” (tanpa kutip) dikolom tersebut. Tekan “Enter” atau klik “OK”, maka tools DxDiag sudah terbuka dan hasilnya seperti pada gambar berikut.

3. Cara Mengetahui Versi Windows Menggunakan Aplikasi “Speecy”Speecy

Jika cara-cara sebelumnya bisa dikatakan tanpa aplikasi, maka yang satu ini kamu bisa mencobanya juga yakni menggunakan apliaksi “Speecy”. Silakan kamu download dan install aplikasinya seperti biasa, kemudian langsung saja dibuka dan informasinya akan langsung ditunjukan kepada kamu. Tak hanya soal versi dari Windows saja, melainkan informasi dari perangkat lainnya juga akan ditampilkan di aplikasi. Bisa dikatakan Speecy ini cukup lengkap dalam menampilkan informasi mengenai komputer yang dipakai.

Demikian pembahasan tentang bagaimana caranya mengetahui versi dan nomor build Windows 7, 8/8.1 dan 10. Sebagai penggunanya, kita sekiranya harus mengetahui informasi dari komputer yang digunakan meskipun singkat. Semoga bermanfaat untuk kamu!

error: Salin konten dilarang