Bantu saudara kita yang terkena dampak bencana alam NTT dengan berdonasi

4 Cara Mudah Mengecek RAM di Semua Merek HP Android

Cara Mengecek RAM di Semua Merek HP Android

4 Cara Mengecek RAM di Semua Merek HP Android – Tak hanya komputer atau laptop yang memiliki sebuah RAM, HP Android pun juga memilikinya. RAM merupakan salah satu perangkat keras yang dapat mengakses dan menyimpan data pada suatu aplikasi yang sedang dibuka. Kemudian dengan adanya RAM dapat mempengaruhi kecepatan pemrosesan suatu data. Akan tetapi, kecepatan pemrosesan suatu data yang diakses tergantung dari kapasitas perangkat RAM itu sendiri. Mengapa? Sebab RAM juga memiliki kapasitas tertentu untuk bisa memproses data yang sedang dijalankan.

Sebagai pengguna HP Android, ada kalanya kamu harus mengetahui kapasitas RAM yang terpasang. Karena dengan kamu mengetahui kapasitasnya, kamu menjadi bisa untuk mengontrol penggunaan aplikasi sehingga tidak terjadi penumpukan proses yang menyebabkan kinerja HP menjadi lamban. Oleh karena itu Java’sTech kali ini akan memaparkan empat cara mudah dalam mengecek RAM di semua merek HP Android.

4 Cara Mudah Mengecek RAM di Semua Merek HP AndroidCara Mengecek RAM di Semua Merek HP Android

Disini terbagi menjadi empat cara yang berbeda dan ini bukanlah sebuah tutorial, melainkan kamu cukup memilih ingin dengan cara yang manakah dari keempat cara yang sudah tersedia. Silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi “Simple System Monitor”Simply System Monitor

Cara pertama adalah kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga Simple System Monitor yang dapat kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi dengan ukuran yang ringan ini mampu memberikan beberapa informasi yang lengkap untuk keseluruhan sistem pada HP Android kamu termasuk salah satunya RAM. Untuk infromasi mengenai RAM, kamu bisa melihat berapa ruangan yang masih tersisa atau jumlah yang sudah terpakai dari total RAM itu sendiri.

2. Menggunakan Aplikasi “CPU-Z”Aplikasi CPU-Z

Yang kedua kamu bisa menggunakan aplikasi CPU-Z. Semua pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini bukan? Ya, CPU-Z memang sudah menjadi aplikasi utama yang dijadikan untuk melihat sistem HP Android. Aplikasi ini hampir serupa dengan Simply System Monitor namun yang membedakannya adalah CPU-Z menyampaikan informasi sistem HP Android dengan sebuah keterangan teks, sehingga hasilnya terlihat lebih detail jika dibandingkan dengan gambar.

3. Melalui Kemasan HPKemasan HP

Ketika membeli sebuah HP baru pasti datang dengan kemasannya juga. Jangan abaikan sebuah kemasan ini! Karena pada kemasan tersebut terdapat sebuah informasi yang singkat namun penting untuk kamu ketahui. Informasinya yakni ada nomor IMEI, jumlah memori internal dan pastinya ada RAM juga. Biasanya informasi RAM yang tertera langsung jumlah secara totalnya seperti 2GB, 4GB atau lainnya.

4. Melalui Menu “Tentang Telpon” di Pengaturan AndroidMelalui Tentang Telpon

Cara terakhir yang satu ini kamu tidak memerlukan sebuah aplikasi atau media informasi lainnya, melainkan kamu cukup mengakses menu “Tentang Telpon” di pengaturan Android. Disini sejumlah informasi yang dipaparkan cukup lengkap untuk memberitahu kamu tentang sistem HP Android yang terancang termasuk jumlah RAM pada Android.

Kesimpulan

RAM memang merupakan salah satu perangkat keras yang dapat membantu memperlancar proses aplikasi yang tengah dijalankan. Namun, RAM sendiri memiliki kapasitas yang terbatas untuk digunakan. Oleh karena itu, sebagai pengguna harus mengetahuinya melalui cara-cara yang sudah disediakan diatas, agar dapat mengontrol penggunaaan aplikasi menyesuaikan kapasitas RAM pada HP. Cukup pilih salah satu dari keempat cara diatas.