Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mengecek File Apakah Terdapat Virus atau Tidak tanpa Software Antivirus

0

Cara Mengecek File Apakah Terdapat oleh Virus atau Tidak – Jika kita berinteraksi dengan yang namanya internet dan PC pasti tidak terlepas dengan lawannya, yakni virus. Semakin berkembangnya suatu teknologi, maka virus pun juga mengikutinya. Di-internet secara tidak sadar ternyata ada banyak sekali bertebaran virus dari berbagai jenis yang berbeda dan salah satunya yang paling rentan terkena serangan adalah PC.

Namun, PC sendiri bisa tergantung dari sistem operasinya juga salah satunya adalah Linux yang menurut beberapa sumber ia kuat dari serangan virus. Kemudian dari si penggunanya itu sendiri, apabila menggunakannya tidak waspada, tidak hati-hati dan tidak rutin cek keamanan secara berkala, maka serangan terhadap PC bisa saja terjadi.

Berbicara mengenai virus, yang paling sering ditemukan sumbernya adalah dari file hasil download yang memiliki crack/patch untuk aktivasi sesuatu. Misal, aktivasi Windows 7. Perlu kita ketahui bahwa crack/patch yang dibuat oleh seseorang dengan susah payah, pasti ia tidak akan rela memberikan hasil usahanya secara cuma-cuma. Sang pembuatnya pasti akan menyisipkan beberapa program jahat sebagai ganti dari usahanya apabila tidak mendapatkan apa-apa, seperti uang.

Jika kita mengandalkan sebuah software Antivirus untuk memberantas virus, sebenarnya tidak akan pernah selesai. Karena seperti yang dikatakan tadi, teknologi semakin berkembang, virus pun juga akan mengikutinya. Antivirus rutin update setiap beberapa bulan sekali, maka virus juga ikut update.

Kini sudah ada solusi penggantinya. Tidak memerlukan sebuah antivirus, melainkan kita akan menggunakan salah satu jasa pengecekan file apakah terkontaminasi oleh virus atau tidak sehingga kita dapat melakukan tindakan pencegahan dini.

Cara Mengecek File Apakah Terdapat Virus atau Tidak dengan VirusTotalCara Mengecek File Apakah Terdapat Virus atau Tidak

Dengan hadirnya situs ini, kita dapat mengecek isi dari filenya terlebih dahulu, apakah terdapat virus yang dapat mengancam PC atau tidak dan tentunya ini gratis. Langsung saja kita mulai bagaimana cara mengeceknya.

  1. Silakan kamu ketik dipencarian Google dengan kalimat virustotal. Kemudian buka situsnyaSitus Virustotal
  2. Sekarang kamu klik Choose File untuk mengambil file yang ingin dicek. Ambil contoh, Admin ingin mengecek file activator Windows dan OfficeAmbil File yang Ingin Discan
  3. Ini adalah hasil scan dari beberapa mesin antivirus yang mendeteksinya. Terdapat keterangan jumlah mesin yang mendeteksi file, nama file, ukuran file dan analisis terakhirnyaHasil Scan dari Beberapa Mesin AntivirusTerkadang ada beberapa mesin antivirus yang menganggapnya bukanlah sebuah virus sehingga memberikan hasil “clean” atau tidak melakukan scanning sama sekali sehingga hasil akhirnya nihil.

Setelah mengetahui hasilnya kita dapat memutuskan untuk tetap menyimpannya atau tidak berdasarkan hasil dari beberapa mesin antivirus tersebut. Bila kamu tetap ingin menyimpannya untuk digunakan kemudian hari, Admin ingatkan untuk selalu hati-hati. Karena fase hidup dari virus adalah fase tidur, propagasi (menyalin dirinya ke beberapa sistem), fase terpicu dan pada akhirnya mengeksekusi.

Tetapi bila menyimpan dan ternyata tidak dipakai beberapa waktu, sebaiknya segera dihapus secara permanen untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi pada PC kamu.

Semoga pembahasan tadi bermanfaat untuk kamu dan tetap lakukan tindakan pencegahan sebelum terjadinya musibah. Jangan lupa untuk perbarui kembali informasi kamu di javastech.com untuk pengetahuan yang lebih luas!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More