Cara Menambah Google Drive ke PC Windows 10 (Alternatif OneDrive)

Cara Menambah Google Drive ke PC
Cara Menambah Google Drive ke PC (Screenshot)
Beri Nilai Informasi

Didalam file explorer dari Windows 10, terdapat salah satu penyimpanan cloud bernama OneDrive. Ya, penyimpanan ini sudah tersedia sejak pertama kali kita membeli komputer/laptop atau menginstall sistem operasi ini. Adanya penyimpanan ini tentu membantu para pengguna agar dokumen yang sudah dibuat seperti dokumen office dapat langsung disimpan ke cloud tersebut. Alhasil file ini bisa diakses secara online bila sewaktu-waktu membutuhkannya tanpa harus membuka perangkat komputer.

Tapi sayangnya OneDrive ini banyak yang tidak menggunakannya karena tidak begitu familiar, terlebih lagi soal aksesnya harus menggunakan email dari Microsoft dimana email ini pun jarang menggunakannya. Tak hanya itu saja, kapasitas dari OneDrive ini juga terbilang kecil yakni hanya 5 GB saja sehingga orang-orang yang terbiasa menggunakan cloud dari misalnya Google Drive masih merasa kurang.

Tutorial Menambahkan Google Drive ke Penyimpanan Windows 10

Berbicara soal Google Drive, layanan penyimpanan cloud ini adalah layanan yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang. Selain kapasitasnya cukup besar yaitu 15 GB, aksesnya juga mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Tapi tahukah kamu jika akses Google Drive ini ternyata bisa ditambahkan ke komputer Windows 10 seperti OneDrive? Lalu bagaimana cara menambahkannya?

  1. Silakan download Google Drive for Desktop melalui link berikut ini.
  2. Setelah download, silakan install seperti biasa dengan mengikuti instruksinya. Kamu bisa centang keterangan berikut jika memang ingin ditambahkan shortcutnya.
  3. Selesai install, silakan lakukan sign in dan berikan akses emailnya untuk melakukan sinkronisasi dari desktop.
  4. Silakan cek file exlporer dan Google Drive sudah siap untuk digunakan!

Jadi dengan hadirnya Google Drive langsung dari desktop, pengelolaan penyimpanan cloud kamu akan lebih efisien dan cepat. Yang bisa kamu lakukan di Google Drive desktop ini sama seperti pada situsnya yaitu membuat folder, upload file, rename, hingga hapus file. Untuk notifikasi berjalannya aplikasi, bisa kamu cek dimenu system tray taskbar (ikon panah atas).

Kemudian, Google Drive desktop ini tak hanya bisa untuk Windows 10, untuk Mac pun juga bisa dan cara instalasinya sama persis sehingga kamu bisa mengikuti tutorial versi Windows ini.

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version