Cara Memperingatkan dan Menyetop Penggunaan Data Internet Secara Otomatis di Android

Cara Memperingatkan dan Menyetop Penggunaan Data Internet Secara Otomatis di Android

Kurang pas rasanya jika smartphone Android tidak memiliki kuota internet. Karena berkat kuota internet, HP Android dapat digunakan lebih maksimal seperti dapat berinternet ria, misalnya. Kemudian berkomunikasi jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan menggunakan metode SMS. Hiburan pun juga demikian, adanya kuota internet membuat penggunanya dapat mencari hiburan seperti menonton video di YouTube dan download games.

Namun kuota internet memiliki tarif yang berbeda-beda sesuai dengan paket yang disediakan dari provider. Tentunya tarif ini bervariasi dari yang murah hingga yang mahal. Biasanya seseorang yang sudah membeli kuota internet akan lupa untuk mengecek sisa kuotanya. Ketika kuota sudah habis secara tidak sadar pulsa HP yang tersedia akan dipotong oleh provider agar layanan internet tetap berjalan.

Disinilah yang menyebabkan finansial pengguna merasa boros karena tidak sadar bahwa kuota internetnya sudah habis dan pulsanya-lah yang menjadi terpotong ketika selalu di-isi. Untuk itu, disini terdapat tips cara memperingatkan penggunaan dan menyetop data internet secara otomatis.

Cara Memperingatkan dan Menyetop Penggunaan Data Internet Secara Otomatis di AndroidCara Memperingatkan dan Menyetop Penggunaan Data Internet Secara Otomatis di Android

Apabila kamu menggunakan tips yang satu ini, maka ketika penggunaan kuota internet kamu sudah mencapai level peringatan atau batas maksimal maka secara otomatis sistem Android akan memberikan notifikasi dan memberhentikan koneksinya. Untuk tutorialnya, silakan simak berikut ini.

  1. Buka pengaturan pada HP masing-masing dan akses menu yang memiliki kategori koneksi dan jaringan.Buka Menu Koneksi
  2. Kemudian buka Penggunaan Data.Penggunaan Data
  3. Buka opsi Siklus Tagihan dan Peringatan Data pada kartu SIM yang saat digunakan untuk data internet.Siklus Tagihan Data Internet
  4. Selanjutnya, lakukan pengaturan-pengaturannya berikut ini.Setelan Siklus Penggunaan Data
  • Mulai siklus tagihan: Atur pada setiap tanggal berapakah kamu harus menyetel ulang jumlah data yang akan digunakan (Kuota). Namun, opsi yang satu ini tidaklah wajib diterapkan karena bisa saja kuota kamu sudah mencapai batas tapi belum tepat pada waktu siklusnya.
  • Atur peringatan data: Jika dihidupkan, maka peringatan data akan muncul dan masukanlah pada jumlah berapakah kamu akan diperingati sebelum menyentuh batas penggunaan data. Misal, jumlah data 12.7GB maka peringatannya adalah 12.5GB
  • Atur batas data: Masukan batas data sesuai dengan jumlah kuota yang kamu gunakan
  1. Selesai dan sistem Android akan membaca setelan yang sudah kamu atur.

Sedikit catatan untuk kamu. Setiap merek HP pastinya tidaklah sama dalam urutan tipsnya, namun tips yang disediakan ini tetap bertuju pada satu pembahasan, yakni tentang setelan penggunaan data internet.

Semoga tips yang diberikan hari ini bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk terus pantau informasi tips terbaru lainnya hanya di javastech.com!

error: Salin konten dilarang