Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Tips: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Agar Dapat Berfungsi Kembali

0

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – Dari beberapa bagian penting laptop salah satunya ada pada bagian keyboard. Walaupun sebagian pesar perintah laptop kebanyakan berasal dari pointer namun fungsi keyboard tetaplah menjadi bagian terpenting juga. Karena dengan adanya keyboard kita juga bisa menggunakan perintah-perintah tertentu dari tombol kombinasi agar pekerjaan menjadi lebih cepat. Apalagi untuk para pekerja-pekerja yang sering berkutat dengan surat-menyurat. Tentu penggunaan keyboard sudah tak bisa dihindarkan lagi.

Bagi beberapa orang, kerusakan pada keyboard laptop menjadi salah satu momok yang menakutkan. Karena apabila terjadi kerusakan maka dapat menghambat pekerjaan itu sendiri. Apalagi keyboard yang ada pada laptop jika mengalami kerusakan bisa lebih merepotkan karena sifatnya yang tertanam langsung dengan bodi laptop. Berbeda dengan keyboard komputer yang sifatnya terpisah karena hanya perlu dicolokan ke port USB. Kemudian jika ada kerusakan lebih mudah diperbaiki dibandingkan yang laptop.

Tips: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Agar Dapat Berfungsi KembaliCara Memperbaiki Keyboard Laptop

Terlihat merepotkan bukan jika keyboard laptop mengalami kerusakan? Oleh karena itulah sebagai pengguna kita harus dapat menjaga dan merawat keyboard laptop dengan baik. Nah, bagi kamu yang sedang mencari-cari tips untuk bagaimana caranya memperbaiki keyboard laptop, maka disitus ini sudah disediakan informasinya. Untuk lebih lengkapnya silakan simak tipsnya berikut ini!

1. Mencari Tahu Sebab Pasti Kerusakan Keyboard

Keyboard menjadi rusak atau tidak berfungsi dikarenakan dua hal. Pertama berasal dari perangkat itu sendiri dan yang kedua berasal dari driver software. Mengapa dari driver juga ada? Karena dengan adanya driver maka suatu perangkat dapat berfungsi sesuai semestinya.

Jika keyboard kamu rusak dari segi perangkatnya kamu bisa mengecek bentuk fisiknya terlebih dahulu. Bisa saja rusak dikarenakan tombol keyboard yang tenggelam ke dalam. Atau tidak berfungsi karena kotoran debu. Jika keyboard tidak berfungsi dari segi driver, maka kamu perlu mengecek drivernya. Biasanya tidak berfungsi karena driver keyboard tidak kompatibel dengan OS atau perlu di upgrade. Bahkan ada juga yang tidak cocok upgrade sehingga pada akhirnya harus di downgrade saja.

2. Bersihkan Keyboard dari Kotoran DebuBersihkan Keyboard dari Kotoran Debu

Nah, untuk poin yang satu ini semuanya pasti pernah mengalami keyboard yang kotor karena debu. Tentu hal ini sudah tak bisa dihindarkan lagi apalagi jika laptop sampai seharian menyala. Beberapa kotoran tentu sudah menyelinap disela-sela keyboard yang dapat mengakibatkan tidak berfungsinya keyboard. Oleh karena itu silakan kamu siapkan kuas untuk membersihkan keyboard laptop. Atau dengan tisu untuk membersihkan dari sela-selanya.

Jangan gunakan kapas! Karena serabut-serabutnya bisa rontok yang pada akhirnya dapat masuk ke sela-sela keyboard. Jika kamu ingin lebih efektif lagi, maka cara membersihkannya dengan cara memiringkan laptop kamu pada sudut 75 atau 90 derajat. Kemudian goyang-goyangkan dengan tujuan agar kotoran dapat keluar dari sela-sela. Pastikan untuk melakukan hal ini laptop sudah dalam keadaan mati.

3. Restart LaptopRestart Laptop

Ketika tiba-tiba seluruh tombol keyboard tidak berfungsi, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan restart laptop. Terkadang masalah ini timbul karena driver keyboard belum sepenuhnya berjalan untuk memfungsikan keyboard laptop atau bisa saja driver mengalami stuck. Nah, dengan restart maka driver bisa ikut di restart juga agar dapat berjalan.

4. Lakukan System Restore WindowsProses System Restore Point

Biasanya system restore dilakukan apabila kita telah melakukan serangkaian perubahan dengan cara upgrade atau menginstall software tertentu. Nah, apabila kamu telah melakukan perubahan pada keyboard laptop khususnya pada driver dan tidak berfungsi seluruhnya maka kamu bisa gunakan cara ini. Dengan menggunakan system restore windows maka seluruh setelan termasuk driver bisa dikembalikan ke seperti semula sebelum dilakukan perubahan. Untuk langkah-langkah restore Windows, bisa klik DISINI.

5. Reset WindowsReset Windows

Terkadang karena segala cara sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, maka langkah ini bisa menjadi pilihan berikutnya yakni reset windows. Dengan reset Windows maka segala setelan dan driver dikembalikan ke pertama kalinya seperti setelan pabrik. Kamu bisa menggunakan dua pilihan reset Windows, yakni dengan tetap menjaga file-nya atau full reset sekaligus hapus data sehingga hasilnya benar-benar bersih 100%. Untuk tutorialnya silakan klik DISINI.

6. Lakukan Perbaikan di Service CenterService Center Laptop HP

Jika semua cara sudah dilakukan dan masih saja belum membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempebaikinya ke service center. Karena dengan kamu membawanya ke service center maka tindakan perbaikan bisa lebih serius dibandingkan dari yang kita lakukan. Karena disana tentu pasti dianalisa penyebabnya terlebih dahulu baru setelah itu dilakukan perbaikan.

Penutup

Laptop sudah menjadi barang kebutuhan yang penting setelah smartphone. Dengan adanya laptop seluruh pekerjaan dapat lebih dimudahkan khususnya untuk pekekerjaan yang berhubungan dengan administrasi. Oleh karena itu kita perlu menjag dan merawat laptop khususnya pada bagian penting seperti keyboard laptop. Karena tentu saja kita keyboard yang ada pada laptop tidak kita gunakan. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu kamu untuk mencari tips bagaimana caranya memperbaiki keyboard laptop dengan baik dan tepat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More