Windows 11 Resmi Tersedia Secara Gratis Hari Ini, Berikut Cara Instalasinya

Notifikasi Upgrade ke Windows 11
Notifikasi Upgrade ke Windows 11 (Microsoft)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Pada Juni lalu, Microsoft telah mengumumkan kehadiran sistem operasi terbaru mereka yakni Windows 11. Namun, pada saat pengumumannya, pihaknya belum merilis secara publik dikarenakan masih perlu dimatangkan.

Akhirnya, hari ini, Selasa (5/10/2021), Windows 11 telah resmi tersedia untuk diunduh secara cuma-cuma alias gratis.

Untuk mendapatkannya, pengguna hanya perlu memperbarui perangkat PC atau laptop mereka melalui Windows Update. Tak hanya itu saja, Windows 11 juga sudah bisa diperoleh melalui pembelian perangkat komputer baru.

“Hari ini menandai tonggak sejarah Windows. Pada 5 Oktober di setiap zona waktu di seluruh dunia, Windows 11 mulai tersedia melalui update gratis di Windows 10 yang memenuhi syarat,” tulis Panos Panay, Chief Product Officer, Windows + Devices.

Sebelumnya, Microsoft sendiri sudah merilis Windows 11 sejak perilisannya namun dengan versi beta yang hanya bisa dicoba oleh pengguna yang tergabung di Windows Insider Program.

Rilisnya versi beta ini bertujuan untuk menerima feedback dari pengguna yang tengah mencobanya sehingga kekurangan yang ada dapat segera ditangani sebelum rilis versi matangnya.

Bagi pengguna Windows 10 resmi, akan memperoleh upgrade ke Windows 11 secara gratis seperti yang diumumkan oleh Microsoft. Serta Windows 11 juga mulai tersedia untuk perangkat baru yang dijual dengan pre-load Windows 11.

Lalu bagaimanakah cara mengecek ketersediaan upgrade gratis ke Windows 11 ini? Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Silakan buka “Settings” yang bisa ditemukan melalui menu “Start”. Atau juga bisa menggunakan tombol kombinasi Winkey + I.
  2. Selanjutnya pilih menu “Update & Security”.
  3. Pada menu tersebut, silakan cek dengan cara klik “Check for Updates”.
  4. Jika tersedia, maka akan muncul notifikasi besar dengan tombol “Download and install” seperti pada gambar dibawah ini.
    Notifikasi Upgrade ke Windows 11 (Microsoft)

     

Spesifikasi minimum yang harus dimiliki perangkat sebelum upgrade ke Windows 11 adalah prosesor dual-core dengan arsitektur 64-bit berkecepatan 1 GHz. Kemudian memori RAM 4GB, storage 64GB, kartu grafis DirectX 12 dan resolusi monitor minimal 720p.

Selain itu, Microsoft juga menyebutkan jika prosesor yang mendukung Windows 11 mulai dari Intel generasi ke-8 atau yang lebih baru.

Akan tetapi, jika spesifikasi perangkat yang kamu miliki sudah lebih dari itu namun tidak kompatibel seperti gambar dibawah, maka tampaknya perlu menunggu waktu lagi agar Windows 11 ini dapat menyesuaikan dengan hardware yang digunakan.

Notifikasi Tidak Kompatibel Windows 11

Tapi masih ada solusi yang bisa digunakan dengan cara install Windows 11 secara manual menggunakan file ISO dengan catatan masih memenuhi spesifikasi mininum. Untuk download file ISO, bisa klik lewat tautan berikut.

Selain itu, perangkat yang ternyata tidak kompatibel, maka pengguna Windows 10 masih diberikan dukungan update hingga 14 Oktober 2025, sebagaimana dari The Verge, Selasa (5/10/2021).

Sedikit tambahan, Windows 11 ini adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang hadir dengan antarmuka lebih segar, elegan serta adanya fitur-fitur baru untuk meningkatkan produktivitas pengguna.

Mulai dari tampilannya terlebih dahulu dimana kini menu Start beserta aplikasi pada taskbar dipindahkan ditengah seperti dock ala MacOS. Tapi, posisi ini masih bisa diubah ke kiri oleh pengguna seperti bawaan dari Windows 10.

Ilustrasi Tampilan Windows 11 (Screenshot)

Pada taskbar ini, dirancang dengan tampilan yang transparan seperti ala kaca buram sehingga memberikan kesan yang bersih dan elegan. Ditambah lagi dengan adanya tema bawaan yang beragam sehingga kombinasi warna dengan taskbar makin cocok lagi.

Selanjutnya, pada jendela tugas dimana kini tiap sudutnya tidak meruncing lagi, melainkan sudah membulat agar tampilan terkesan lembut dan tidak kaku. Serta di jendela tugas ini ada fitur Snap Layouts dimana dapat menyesuaikan beberapa jendela aplikasi yang tengah aktif.

Serta, kini aplikasi Android sudah bisa ditemukan di Microsoft Store dan tentu saja dapat digunakan pada Windows 11 tanpa memerlukan software emulator.

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version