Intip Bahaya “Blue Light” dari Layar Smartphone Terhadap Kesehatan

Apa Itu Blue Light
Beri Nilai Informasi
Setiap hari dari waktu pagi, siang, sore, malam hingga pagi lagi kita selalu bertatap dengan smartphone. Bagaimana tidak karena segala kebutuhan dan aktivitas kini hampir seluruhnya berhubungan dengan smartphone. Jadi tak bisa dipungkiri lagi bahwa lebih dari 24 jam smartphone selalu kita genggam dan tatap. Dibalik terus-menerusnya kita menatap layar smartphone ternyata secara tidak sadar ada salah satu unsur yang dapat mencemari diri kita. Bahkan yang mencemarkan ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia! Lalu siapakah yang dimaksud unsur tersebut? Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Apa Itu “Blue Light”?Apa Itu Blue Light

Ya, unsur yang dimaksud adalah blue light atau cahaya biru. Blue Light adalah sinar yang terdapat pada spektrum cahaya yang bisa terlihat oleh manusia dengan gelombang yang paling pendek dan memproduksi energi yang sangat besar. Cahaya biru ini dihasilkan dari perangkat elektronik yang ada disekitar kita seperti televisi, laptop, PC, tablet dan tentunya smartphone yang sering kita gunakan.

Adanya blue light adalah dapat bermanfaat untuk membuat diri kita semakin produktif, fokus, dan terjaga meski badan terasa lelah. Selain itu, cahaya biru juga mampu mempengaruhi jam bangun dan jam tidur kita. Nah, selain bermanfaat ternyata ada efek samping yang ditimbulkan apabila terpapar terlalu lama.

Apabila kita bermain smartphone dikala malam hari terlebih lagi jika hanya ada cahaya HP yang menyorot, maka akan menjadi sulit untuk mengantuk atau tidur dan pastinya akan berdampak pada kesehatan kita. Hal ini kembali lagi ke soal manfaat blue light yakni tetap terjaga meski badan lelah. Dengan demikian badan menjadi dipaksa untuk terus berada pada posisi tersebut.

Jika dijelaskan secara ilmiah, cahaya biru yang terpancar akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Ketika hormon ini berkurang, maka rasa mengantuk pun juga berkurang. Meski mata dan badan sudah sangat lelah, kita tak akan pernah bisa mengantuk tanpa adanya hormon melatonin.

Apalagi jika blue light ini memiliki gelombang yang pendek, kemudian cenderung berkedip-kedip sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa blue light dapat mengganggu kesehatan khususnya pada mata dan pikiran yang mudah lelah.

Dampak Negatif Untuk KesehatanDampak Negatif dari Blue Light

Kita sudah mengetahui tentang apa itu blue light atau cahaya biru beserta manfaat dan efek sampingnya. Bahkan juga tadi sudah dijelaskan secara ilmiahnya mengapa hal demikian bisa terjadi. Nah, sekarang apa saja dampak negatif untuk kesehatan apabila terpapar blue light terlalu lama?

  1. Mengganggu kesehatan mata seperti pandangan buram, kesulitan fokus, mata kering dan iritasi.
  2. Sakit kepala, leher atau punggung
  3. Meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker.
  4. Meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan obesitas.
  5. Meningkatkan risiko depresi.
  6. Dapat menyebabkan kerusakan mata permanen yang dapat berujung pada kehilangan penglihatan.

Cara Mengurangi Bahaya Blue Light

Kesehatan adalah salah satu hal paling mahal yang harus dijaga. Sebab, siapa saja menginginkan badan yang sehat dan bugar agar dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas. Blue light ini memang terlihat sepele memang, tapi jika terus-menerus terpapar dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan. Untuk menghindari dampak negatifnya berikut ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti dibawah ini.

  1. Menggunakan kacamata dengan filter khusus untuk blue light.
  2. Bila kondisi badan sudah tidak nyaman untuk menggunakan smartphone, cobalah untuk rehat sejenak dan lakukan peregangan.
  3. Gunakan fitur blue light filter untuk memfilter cahaya biru yang terpancar dengan warna yang lebih hangat (coklat-kemerahan).
  4. Jaga jarak pandang antara mata dengan layar smartphone. Karena dengan jauhnya jarak mata dengan layar, maka terpaparnya blue light pun mengecil.
  5. Mengurangi gangguan pada kesehatan mata dengan cara:
    • Atur tingkat cahaya atau brightness pada layar.
    • Buat ukuran font teks menjadi besar agar ketika melihat tidak perlu mendekatkan mata bahkan hingga mengernyit.
    • Berikan jeda untuk mengistirahatkan mata.

Kesimpulan

Cahaya biru sudah berada disekitar kita bahkan yang paling dekat adalah smartphone. Terdapat sisi baik dan negatifnya. Sisi baiknya ini bila kita lakukan memang akan memberikan dampak yang menguntungkan. Akan tetapi, perhatikan juga dari sisi kesehatannya karena bila berlebihan dapat menimbulkan gangguan kesehatan khsususnya pada mata. Kamu tetap bisa menggunakan smartphone namun jangan mengindahkan kepentingan kesehatan.

error: Salin konten dilarang