ASUS Merilis ROG Flow X13, Laptop Gaming 2-in-1 dengan RTX 3080

ROG Flow X13
ROG Flow X13 (YouTube ROG Global)

JAVASTECH.COM – Kita tahu bahwa hampir semua laptop gaming memiliki bentuk yang besar lagi berat. Hal tersebut dikarenakan hardware yang terpasang bentukannya juga besar dan berat. Alasan inilah yang membuat orang-orang enggan membeli laptop gaming ketika sedang mencari laptop dengan performa tinggi.

Tapi kini sudah mulai berbeda karena baru-baru ini Asus merilis sebuah laptop gaming terbaru yang diklaim sebagai laptop paling portabel didunia. Laptop tersebut adalah ROG Flow X13 dimana laptop ini hadir dengan desain hybrid dan dapat dibentuk seperti tablet berkat hadirnya engsel 360 derajat.

ROG Flow X13 memiliki ukuran 13 inci dan tentu saja dengan hadirnya laptop gaming seperti ini bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin memiliki laptop performa tinggi tanpa harus repot soal berat dan ukuran yang besar.

Tampilan ROG Flow X13 dengan XG Mobile
ROG Flow X13 dengan XG Mobile yang Terpasang GPU RTX 3080 (Videocardz)

Spesifikasinya adalah memiliki memori RAM 16GB dan penyimpanan 1TB NVMe M.2 SSD. Kemudian untuk dapur pacunya menggunakan AMD Ryzen 9 5980HS yang dikombinasikan dengan GPU Nvidia GTX 1650. Sekarang ini sudah zamannya dimana kebanyakan laptop gaming menggunakan GPU Nvidia RTX. Namun mengapa ROG Flow X13 malah menggunakan GPU GTX?

Alasan Asus menggunakan GPU GTX 1650 adalah agar ukuran laptop tersebut bisa dibuat tipis. Namun Asus juga menyediakan alternatifnya yaitu dengan menghadirkan perangkat eGPU bernama XG Mobile dimana dengan perangkat ini bisa mendukung penggunaan GPU Nvidia RTX 3080.

Maka dari itu bagi pengguna ROG Flow X13 yang masih menginginkan performa lebih tinggi bisa memanfaatkan XG Mobile yang terhubung dengan konektor PCIe 3 yang mampu mengirim bandwidth hingga 63 Gbps. Nilai ini lebih besar ketimbang Thunderbolt 4 yang hanya mencapai 40 Gbps saja.

Berapakah harga yang ditawarkan oleh Asus untuk laptop tersebut? Asus sendiri sudah membuka pre-order untuk ROG Flow X13 dengan XG Mobile yang terpasang dengan RTX 3080. Harganya senilai US$ 2.999 atau dirupiahkan setara dengan Rp 42 jutaan. Bagaimana? Apakah kamu berminat membeli laptop gaming portabel yang satu ini?