Apple Resmi Rilis iPhone 14 Series, Ada Fitur Unik di iPhone 14 Pro

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Apple secara resmi meluncurkan sebuah smartphone terbaru mereka pada acara yang diselenggarakan secara virtual, Kamis dini hari (08/09/2022) pukul 00:00 WIB. Acara dengan tajuk “Far Out” ini, Apple memperkenalkan empat lini terbaru mereka dengan iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Plus.

Pada lini yang keempat ini adalah lini yang dirilis untuk menggantikan sekaligus menjadi akhir dari seri mini yang pernah mereka buat sebelumnya di iPhone 12 dan iPhone 13. Lalu seperti apa saja yang baru pada generasi iPhone keempat belas ini?

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus
iPhone 14 dan iPhone 14 Plus (Apple)

Seperti rumor yang beredar, untuk iPhone 14 tampilan wajahnya masih sama seperti generasi sebelumnya yakni dengan notch yang menyatu dengan bezel yang berfungsi untuk tempat sensor Face ID, sensor cahaya, earpiece dan kamera selfie.

Kamera selfie yang ditanam jenisnya ultrawide beresolusi 12 MP (f/1.9). Kamera selfie iPhone 14 kini terdapat beberapa fitur baru. Pertama, dengan fitur TrueDepth agar memaksimalkan foto dan video lebih terang 38% di kondisi minim cahaya dan fitur ini juga bisa berjalan pada aplikasi FaceTime.

Kedua terdapat fitur baru Autofocus dan fitur ini baru pertama kalinya diterapkan pada ponsel iPhone. Dengan adanya fitur ini, kegiatan selfie baik sendiri atau secara grup jadi lebih bersih dan tidak buram.

Beralih ke kamera belakangya terdapat dua setup lensa yang desainnya juga sama seperti pendahulunya. Masing-masing memiliki resolusi untuk kamera utama sebesar 12 MP (f/2.5) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4). Yang terbarunya adalah kini sensor kamera utamanya lebih besar 1,9 microns.

Beberapa fitur tambahan lain untuk mendukung dua sisi kamera baik di depan atau belakang, Apple memberikan fitur Photonic Engine yaitu dengan fitur ini kualitas hasil dari tangkapan kamera baik foto dan video akan semakin bagus dan detail.

Spesifikasi iPhone 14 dan 14 Plus
Spesifikasi iPhone 14 dan 14 Plus (Youtube: Apple)

Menurut klaim Apple, berkat fitur ini kualitas kamera depan dan ultrawide meningkat dua kali lipat dan kamera utama 2,5 kali lipat,

Selanjutnya ada fitur Action Mode dimana fitur ini untuk menstabilkan hasil video agar lebih stabil dan tidak buram. Bagusnya lagi adalah fitur ini mendukung Dolby Vision HDR.

Dibalik kualitas foto dan video yang dihasilkan oleh iPhone 14, ada sebuah prosesor yang memproses hal tersebut. iPhone 14 menggunakan chipset A15 Bionic (5 nm), chipset yang telah digunakan pada lini iPhone 13.

Chipset ini tentu sudah mendukung jaringan 5G, namun yang perlu diketahui adalah untuk mendapatkan jaringan sinyal, kini iPhone tidak lagi memiliki slot kartu SIM. Sebagai gantinya, Apple menggunakan eSIM dan ini baru pertama kalinya diterapkan oleh Apple di iPhone 14.

Beberapa kelebihan dari eSIM sehingga diterapkan pada iPhone 14 antara lain lebih cepat transfer kuota ponsel dan lebih cepat mendapatkan kuota secara digital. Lalu bisa menambah eSIM sebanyak yang kita butuhkan di perangkat yang sama dan lebih aman karena tidak ada kartu fisik yang bisa saja disalahgunakan ketika ponsel dicuri atau hilang.

Lalu bagaimana dengan fitur iPhone 14 Plus? Fiturnya sama dengan iPhone 14 versi reguler. Yang jadi pembeda hanya ukurannya saja. Ukuran iPhone 14 reguler sebesar 6,1 inci sedangkan iPhone 14 Plus sebesar 6,7 inci.

Segi desain p0nsel ini juga sama seperti generasi sebelumnya dengan frame yang mengkotak dan rata. Layarnya sendiri menggunakan Super Retina XDR OLED yang dilengkapi fitur HDR 10 dan Dolby Vision.

Untuk melindungi layarnya ini, Apple menggunakan proteksi rancangan sendiri dengan Ceramic Shield. Tak hanya soal layarnya, bodinya juga dibuat proteksi dengan bahan ponsel dari Aerospace-grade Alumunium. Varian waranya terdiri dari lima macam dengan Blue, Purple, Midnight, Starlight dan PRODUCT (Red)

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 Pro
iPhone 14 Pro (Apple)

Untuk kelas iPhone 14 yang satu ini adalah versi tertinggi dari yang sebelumnya. iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Max sudah ditampilkan dengan wajah yang berbeda.

Bisa dilihat dari notchnya sendiri dimana notchnya tidak lagi menyatu dengan bezel, melainkan terpisah dan membentuk bulatan panjang. Desain notch terbaru ini disebut dengan “Bubble Notch” oleh SVP, Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak.

Bubble Notch ini menyimpan komponen seperti notch biasa di iPhone 14 dengan sensor Face ID, sensor cahaya dan kamera selfie. Serta untuk yang pertama kalinya, Apple menyematkan fitur Proximity Sensor di belakang layar.

Ada sebuah sistem baru pada kelas iPhone yang satu ini yaitu sistem “Dynamic Island”. Fitur ini bisa membuat tampilan dari bubble notch lebih interaktif dengan adanya animasi.

Jadi notch yang sebelumnya berukuran oval biasa, maka ketika misalnya ada telepon masuk, maka oval tersebut akan membesar, meskipun notch tersebut sebenarnya berukuran biasa saja.

Berkat adanya fitur unik ini membuat tampilan selain lebih interaktif, juga lebih minimalis khususnya untuk yang berjalan dibelakang layar. Misalnya, seperti mendengarkan musik lewat aplikasi.

Spesifikasi iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
Spesifikasi iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max (Youtube: Apple)

iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max masing-masing memiliki ukuran yang sama dengan yang sebelumnya. iPhone 14 Pro dengan 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max dengan 6,7 inci. Layarnya menggunakan Super Retina XDR OLED yang dilengkapi dengan HDR 10 dan Dolby Vision.

Kemudian pertama kalinya, Apple menyematkan fitur Always-on Display pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Pada teknologinya ini, Apple mengkalim AOD buatannya bisa menurunkan refresh rate sampai 1 Hz dan meminimalkan daya pada mode AOD.

AOD ini juga didukung oleh prosesor terbaru yaitu Apple A16 Bionic sehingga efisiensi daya lebih terjaga. Selain efisien terhadap daya, kecepatan yang dimilikinya juga lebih cepat 40% dari kompetitor terdekat mereka.

Berkat A16 Bionic juga, pemrosesan foto dan video juga lebih profesional lagi. Hal ini juga didukung dengan adanya kamera baru dengan resolusi empat kali lebih besar, yakni 48 MP.

Sensor kamera utama ini juga menjadi yang terbesar untuk iPhone, lebih besar 65% dari iPhone 13 Pro. Berkat sensor ini, kualitas foto di kondisi yang minim cahaya akan lebih bagus lagi bahkan menjadi estetik.

iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max juga memiliki fitur Photonic Engine yang bisa memaksimalkan kualitas foto kamera utama dan ultrawide menjadi dua kali lipat dan ultrawide menjadi 2,5 kali lipat. Selanjunyta, flash kamera pada iPhone ini ternyata disematkan fitur Adaptive True Tone Flash dimana cahaya yang dihasilkan dua kali lebih terang.

Bahan bodi yang dibuat oleh Apple untuk iPhone 14 Pro series sama dengan versi regulernya yakni Aerospace-grade Alumunium. Namun, bedanya frame yang dibuat pada iPhone 14 Pro series ini menggunakan stainless steel sehingga tampak lebih mewah karena berkilau. Terdapat empat varian warna yang disediakan oleh Apple, ada Space Black, Silver, Gold dan yang terbaru bernama Deep Purple.

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.