9 Aplikasi Layanan Google Untuk Kerja dan Belajar dari Rumah

0

Karena virus corona semakin meluas dan beresiko akhirnya tiap pemerintah negara harus memaksa para warganya untuk bekerja dari rumah. Artinya warga yang sebelumnya bekerja dikantor-kantor maka mereka harus melakukan kegiatan tersebut dari rumah. Tak hanya itu saja, anak-anak dan mahasiswa pun yang sedang menuntut ilmu terpaksa harus dirumahkan juga dengan belajar dari rumah. Kebijakan ini harus dilakukan demi mencegah semakin banyaknya dampak dari virus corona. Kita tahu bahwa virus corona ini dapat ditularkan antar manusia dan karena alasan inilah mengapa warga harus melakukan kegiatan dari rumah seperti kerja dan belajar.

Ditengah pandemi corona ini, kini saatnya teknologi mulai dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan kerja dan belajar dari rumah. Nah, disinilah mulai bermunculan beragam layanan yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut dan salah satunya berasal dari Google. Google memiliki banyak sekali layanan yang bisa digunakan untuk kerja dan belajar dari rumah. Cara menggunakannya pun terbilang simple dan mudah untuk digunakan sehingga mulai dari orang tua dan anak-anak pun bisa melakukannya. Bahkan aplikasi dari Google ini menjadi rekomendasi untuk kondisi sekarang ini.

9 Aplikasi Layanan Google Untuk Kerja dan Belajar dari RumahAplikasi Layanan Google

Google sebagai perusahaan teknologi yang mendunia memang selalu memberikan inovasi dan kemudahan untuk penggunanya. Salah satunya lewat aplikasi-aplikasi yang disediakan untuk bekerja dan belajar dari rumah. Lalu apa sajakah aplikasi dari Google tersebut? Nah, berikut ini adalah 9 aplikasi layanan Google untuk kerja dan belajar dari rumah. Simak selengkapnya berikut ini!

1. GmailGmail

Aplikasi chatting yang kita gunakan seperti WhatsApp, LINE, skype dan semacamnya terkadang tak sepenuhnya dapat menjadi alat komunikasi yang diandalkan. Apalagi jika komunikasi yang kita lakukan ternyata harus sharing berkas yang bersifat multimedia. Nah, kita dapat menggunakan layanan Google berupa Gmail. Layanan surat elektronik ini apabila dimanfaatkan untuk kegiatan kerja dan belajar dari rumah maka dapat menjadi mudah. Apalagi layanan ini ternyata juga terintegrasi dengan Google Drive, sehingga apabila ada seseorang yang mengirimkan file namun berasal dari Google Drive, maka kita penerima juga bisa ikut menyimpannya.

2. Google DriveGoogle Drive

Siapapun khususnya pengguna Android pasti tak asing lagi dengan layanan Google yang satu ini. Ya, Google Drive merupakan salah satu layanan Google yang memberikan layanan penyimpanan data secara online. Berbagai jenis file bisa kita simpan di cloud yang satu ini. Ruang penyimpanan yang diberikan pun terbilang cukup besar yakni sebesar 15GB. Tentunya yang lebih penting adalah penyimpanan sebesar 15GB ini gratis! Cocok sekali untuk para pekerja, siswa/mahasiswa yang ingin menyimpan dan sharing data lewat Google Drive.

3. Google Meet (Hangouts Meet)Google Meet

Ditengah pandemi corona ini kita harus menerapkan physical distancing yang artinya kita tidak diperbolehkan mendekat bahkan berkontak fisik dengan sesama. Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan layanan Google yakni Hangouts Meet atau Google Meet. Dengan kita memanfaatkan layanan ini kita tetap bisa saling tatap muka namun secara virtual. Seperti meeting online untuk para pekerja atau adanya diskusi kelas bagi pelajar dengan pengajarnya. Jumlah pengguna yang dapat bergabung dengan layanan ini mampu hingga 250 orang. Untuk menggunakan layanan ini pastikan laptop atau komputer memiliki webcam dan koneksi internet.

4. Google ClassroomGoogle Classroom

Pemerintah mengharuskan pelajar untuk belajar dirumah bukan berarti kegiatan belajar sama dengan diliburkan. Kegiatan belajar pun tetap harus berjalan sesuai dengan kalender akademik. Nah, Google Classroom ini menjadi layanan yang cocok untuk kegiatan belajar mengajar dari rumah. Aplikasi memiliki dua peran yakni pengajar dan murid. Apabila si pengajar membuka kelas, maka ia akan mendapatkan kode kelas dan nantinya bisa dibagikan kepada muridnya agar bisa bergabung ke kelas tersebut.

Ketika sudah masuk didalam layanan ini maka terdapat laman penugasan. Apabila pengajar memberikan tugas maka murid akan mendapatkan notifikasinya berupa deadline yang dihitung mundur. Cara penyerahan tugasnya pun terbilang mudah, cukup upload file dan nanti silakan klik untuk menandai bahwa kamu telah selesai submit tugas.

5. Google Docs, Sheets, Slides

Google Docs, Sheets dan Slides

Google Docs, Slides dan Sheets merupakan salah satu layanan Google yang tergabung dalam “G Suite”. Dengan layanan ini maka kita bisa membuat dokumen, laporan arsip atau membuat persentasi dengan mudah. Penggunaannya pun sama saja dengan layanan Microsoft Office yang biasa kita gunakan. Bedanya adalah layanan ini diakses secara online dan tertaut langsung dengan Google Drive.

Artinya adalah ketika membuat dokumen dilayanan ini maka tiap beberapa menit maka akan tersimpan otomatis ke Google Drive. Nah, disinilah salah satu keunggulan yang diberikan oleh Google dari layanan ini. Lalu untuk sharing-nya pun sangat mudah sekali, cukup hidupkan link berbaginya, copy link tersebut kemudian bagikan. Atau kamu juga bisa dengan memasukan email dari orang tertentu.

6. Google Form

Google Form

Biasanya ketika kita akan melakukan penelitian atau suvey, kita diharuskan untuk mengunjungi beberapa orang untuk dimintai keterangan dari kuesioner yang dibuat. Namun, sayangnya ditengah kondisi seperti ini kita harus tetap menerapkan physical distancing. Untuk itu gunakanlah layanan Google Form untuk mengumpulkan data survey secara elektronik. Layanan ini sebenarnya masih satu kategori sebagai G Suites dan oleh karena itu Google Forms juga terintegrasi dengan Google Docs, Sheets dan Slides. Dengan kamu memanfaatkan Google Forms maka pengumpulan data semakin mudah karena hanya dengan sebarkan tautan dan penerimanya klik tautan tersebut maka survey bisa dilakukan. Hasilnya bisa ditampilan dalam bentuk diagram baik diagram batang, lingkaran atau grafik.

7. Google DuoGoogle Duo

Google Duo merupakan layanan yang sama dengan Google Meet, yakni sama-sama layanan yang memanfaatkan video call sebagai pertemuannya. Namun, perbedaannya adalah Google Duo ini melakukan video call namun hanya antar kedua individu saja. Layanan video call dari Google ini patut diacungin jempol karena memiliki kualitas video yang baik. Cocok sekali bila digunakan untuk keperluan pribadi seperti “temu kangen” bersama pasangan, orang tua, keluarga atau kerabat. Apalagi saat ini lagi-lagi karena physical distancing akibat pandemi corona.

8. Google CalendarGoogle Calendar

Ini bukan sekedar kalender biasa, melainkan kalender buatan Google ini dapat terintegrasi ke berbagai layanan Google khususnya untuk kategori G Suite. Ketika segala layanan Google lainnya memiliki waktu yang telah ditentukan, maka waktu tersebut akan tercantum di Google Calender ini. Contohnya seperti deadline tugas dari Google Classroom, jadwal rapat atau ada kelas online di Google Meet. Keunggulan lainnya dari adalah dapat menentukan siapa saja yang akan mendapatkan pengingat di jam yang sama. Cara ini bakal sangat membantu produktivitas tim atau kelas kendati harus bekerja dari rumah.

9. Google KeepGoogle Keep

Bekerja dan belajar dari rumah terkadang menimbulkan masalah yang bervariasi terutama soal agenda apa saja yang harus dikerjakan pada hari ini dan untuk esok. Nah, kita bisa memanfaatkan layanan Google Keep untuk membuat sebuah catatan sebagai pengingat kita. Catatan yang kita buat bisa berupa teks biasa, memo, daftar atau sekedar pengingat saja yang nantinya akan memberitahu kita apabila sudah waktunya. Lalu catatan yang kita buat disini juga bisa di sinkronisasi dengan email kita sehingga apabila tersinkron maka bisa tersimpan dengan baik. Layanan ini juga terintegrasi dengan Google Calendar untuk dibuatkan jadwalnya.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai aplikasi layanan Google yang bisa digunakan untuk kerja dan belajar dari rumah. Kini semua warga diseluruh dunia harus melakukan kegiatannya serba dari rumah. Karena demi mencegah semakin luasnya virus corona. Namun, dirumahkan bukan berarti kita tidak bisa melakukan kegiatan apa-apa. Kita masih bisa berkegiatan kerja dan belajar dengan maksimal dengan memanfaatkan teknologi berupa layanan online seperti dari Google yang telah dijelaskan sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More