Alasan Mengapa Panel AMOLED Lebih Baik Daripada Panel IPS

Lini Samsung Galaxy S21
Lini Samsung Galaxy S21 (CNET)

JAVASTECH.COM – Dari berbagai macam panel layar smartphone, terdapat dua panel layar populer yang sering digunakan untuk pembuatan smartphone, yaitu IPS (In-Plane Switching) dan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Panel layar IPS bisa ditemukan pada smartphone Android dengan harga mulai satu hingga dua jutaan. Sedangkan AMOLED bisa ditemukan untuk smartphone Android dengan harga 2,5 juta sampai 7 jutaan.

Panel layar AMOLED dan IPS sebenarnya hampir digunakan oleh seluruh vendor smartphone dimulai dari Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO dan Realme. Namun, penggunaan panel layar ini tergantung dari kebutuhan dan penyesuaian terhadap lini smartphone. Misalnya, lini Samsung Galaxy S21, Xiaomi Mi 11 dan OPPO Reno 5.

Kelebihan Panel AMOLED

Jika melihat dari spesifikasi smartphone zaman sekarang, hampir rata-rata vendor memilih panel AMOLED ketimbang IPS. Padahal seperti yang diketahui produksi panel AMOLED terbilang mahal. Walaupun mahal ternyata ada kelebihannya dibanding IPS.

1. Warna Lebih Kontras dan Pekat

Yang pertama adalah panel AMOLED memiliki kontras warna yang jauh lebih cerah ketimbang IPS. Dengan kata lain panel ini membuat warna lebih pekat. Kamu bisa membandingkannya dengan wallpaper warna hitam di panel AMOLED dan IPS.

2. Lebih Hemat Daya

Smartphone dengan layar menggunakan AMOLED memiliki daya baterai yang lebih hemat dibanding IPS. Hal ini karena panel AMOLED tidak memerlukan backlight untuk menampilkan visual atau gambar dengan warna yang tajam sekalipun.

Kemudian dikarenakan panel AMOLED berdominan warna gelap pada tampilannya dan diwarna gelap seperti ini membuat piksel panel tidak bekerja sehingga konsumsi daya baterai lebih irit.

3. Ketebalan Panel yang Tipis

Smartphone yang menggunakan panel AMOLED bodinya cenderung tipis karena panel ini memiliki layer plastik organik dengan ketebalan hanya 100 sampai 500 nanometer. Karena tipisnya ini juga membuat panel menjadi fleksibel dalam memancarkan cahaya sehingga kecerahan tampak lebih rata keseluruh layar smartphone.

4. Tampilan yang Dihasilkan Lebih Jernih

Mengacu pada poin pertama, panel AMOLED memiliki warna yang lebih kontras dan pekat sehingga warna yang dihasilkan pun terlihat lebih hidup. Serta saturasinya pun terlihat tajam sehingga mata pengguna juga terlihat nyaman menatapnya.

Selain itu smartphone dengan panel AMOLED jika dilihat dari sisi manapun tidak ada perubahan warna dan kecerahan, meskipun dibawah cahaya terik matahari dan sudut yang sempit dilihat. Dan tentunya, dengan panel AMOLED bisa memiliki refresh rate yang bervariasi sehingga tampilan lebih lembut khususnya ketika sedang scrolling. Contohnya, Xiaomi Mi 11 dengan refresh rate 120Hz.

5. Lebih Sensitif Terhadap Sentuhan

Dengan teknologi yang dimilikinya membuat panel AMOLED lebih responsif ketika disentuh oleh pengguna meskipun smartphone tersebut dipasang dengan screen protector. Alasan inilah mengapa vendor memilih panel AMOLED karena nilai dari teknologinya dalam pembuatan smartphone yang berkualitas.