Akibat Update Terbaru Windows 10, Komputer Mengalamai BSOD Ketika Mencetak

Windows 10
Logo Windows 10

JAVASTECH.COM – Beberapa pengguna Windows 10 yang telah memperbarui sistem operasinya ke versi terbaru mengeluhkan adanya kendala yaitu printer yang terhubung ke komputer tidak bisa digunakan. Menurut laporan dari Gizmodo, ketika pengguna mencoba mencetak file baik dari Ms. Word, Notepad atau program lain maka komputer mengalami BSOD (Blue Screen of Death).

Masalah ini telah mempengaruhi beberapa versi Windows 10, baik di sisi klien dan sisi server, termasuk juga Windows 10 versi 20H2, 2004, 1909, 1809, 1803, dan Windows 10 Enterprise LTSC 2019 dan Windows Server 2019. Tampaknya Microsoft baru menyadari akan masalah ini namun pihaknya belum memberikan perbaikan untuk masalah tersebut.

Sedangkan menurut laporan Windows Latest, disebutkan beberapa merek printer yang terpengaruh akibat bug dari update Windows 10 ini seperti Kyocera, Ricoh dan Zebra. Laporan ini tentu saja muncul dari berbagai sumber, termasuk salah satunya dari situs forum Reddit.

Bagi kamu yang sudah update Windows 10 dan ikut terpengaruh bug-nya maka ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan kembalikan versi Windows 10 ke versi sebelumnya. Caranya adalah pergi ke Windows Settings > Update & Security > Recovery. Disni silakan pilih bagian “Go back to the previous version of Windows 10”.Restore versi Windows 10

Tapi yang perlu diingat adalah cara ini tidak akan bisa dilakukan apabila komputer kamu sudah diperbarui 10 hari yang lalu. Namun, jika update yang kamu lakukan baru dua sampai tujuh hari, maka langkah ini bisa dilakukan. Atau jika kamu merasa punya backup, maka kamu bisa melakukan restorasi. Caranya bisa kamu baca disini. 

Atau kamu bisa menggunakan cara dari salah seorang pengguna Reddit yang mengaku sebagai karyawan Microsoft. Caranya adalah silakan aktifkan pencetakan dari Command Prompt atau bisa juga menggunakan metode troubleshoot dari Windows itu sendiri untuk melakukan perbaikan.

error: Salin konten dilarang