82 Persen Pengguna Android Tak Berminat Migrasi ke iPhone 13, Ini Alasannya

Ilustrasi iPhone 13
Ilustrasi iPhone 13 (MacRumors)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Apple kini tengah mempersiapkan kehadiran iPhone generasi terbarunya, yakni iPhone 13. Meskipun kabar ini termasuk bocorannya sudah beredar, tapi tampaknya tak membuat pengguna Android “tergoda” untuk migrasi ke calon ponsel anyar Apple tersebut.

Kesetiaan pengguna Android yang tidak ingin pindah ke iPhone 13, dijawab dengan sebuah bukti dari sebuah hasil survei yang dilakukan oleh sebuah marketplace dan situs pembanding harga smartphone, SellCell.

Survei yang dilakukannya menyasar ke lebih dari 5.000 pengguna Android berusia 18 tahun ke atas yang berdomisili di Amerika Serikat.

Hasilnya mengatakan, 82 persen pengguna Android tidak berminat untuk beralih ke iPhone 13. Sisanya sebanyak 18 persen memiliki kemungkinan untuk pindah ke calon generasi dari iPhone 12 tersebut.

Melihat angka “kesetiaan” tersebut yang cukup besar, dapat diambil kesimpulan bahwa loyalitas pengguna Android meningkat, jika dibandingkan dengan tahun lalu dimana sebanyak 33 persen pengguna Android mempertimbangkan beralih ke iPhone 12.

Ada beberapa alasan utama mengapa pengguna Android tidak ingin menggunakan iPhone 13. Berikut ini adalah jawabannya sebagaimana dirangkum dari .

Survei Alasan Tidak Pindah ke iPhone 13 (PhoneArena)

1. Tidak ada Fitur Fingerprint Under Display

Sebanyak hampir 33 persen pengguna Android tidak ingin pindah ke iPhone 13 karena tak ingin kehilangan fitur Fingerprint Under Display (pemindai sidik jari dibawah layar). Fitur ini bisa ditemukan oleh pengguna di ponsel Android kelas menengah. Misalnya, Samsung Galaxy A52.

Sehubungan dengan hal diatas, iPhone 13 sendiri menurut bocoran yang beredar bakal disematkan pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan layar juga. Dengan fitur ini, dapat mengembalikan fitur Touch ID yang sebelumnya diganti dengan Face ID.

Tapi ada yang mengatakan juga jika iPhone 13 tetap tidak akan menggunakan Touch ID dan lebih memilih Face ID saja sebagai kunci biometrik pengguna.

2. Sistem Operasi yang Mengekang Pengguna

Kita tahu bahwa iOS adalah sistem operasi milik Apple yang penggunaannya tidak sebebas Android. Maksudnya disini adalah sistem operasi yang sudah tersemat, tidak bisa dioprek oleh pengguna untuk keperluan sesuatu. Misalnya, modifikasi antarmuka.

Hal inilah yang membuat mengapa sebanyak 16,7 persen orang tidak ingin migrasi karena masalah sistem operasi tersebut yang tidak diberi kebebasan.

Serta, iOS sendiri tidak bisa menerima aplikasi dari sumber manapun selain App Store. Intinya, apapun yang diperoleh dari luar iOS atau Apple, maka tidak bisa diterima. Alasan ini diambil oleh orang sebanyak 12,8 persen.

3. Desain dan Hardware Android Lebih Baik

Kita bisa lihat ponsel dengan sistem operasi Android menawarkan spesifikasi hardware yang bermacam-macam. Mulai dari spesifikasi entry-level hingga flagship.

Kemudian, desain ponsel Android dari berbagai merek pun juga bervariasi. Hal inilah yang membuat 12 persen responden memilih alasan ini untuk enggan beralih ke iPhone 13.

Kemudian, rencananya Apple bakal merilis fitur neuralMatch yang berfungsi untuk mendeteksi gambar pelecehan seksual anak ketika file tersebut di upload ke iCloud.

Jika ditemukan kecocokan bahwa gambar tersebut adalah pelecehan seksual anak, maka akun Apple ID dinonaktifkan. Alasan ini juga dipilih oleh sebanyak 10,4 persen pengguna sebagaimana dihimpun dari PhoneArena, Mingg (05/9/2021).

Untuk sisanya mengapa pengguna Android tidak berminat dengan iPhone 13 karena budget iPhone yang mahal (4,5 persen), lebih memilih Google Assistant dibanding Siri (2,6 persen), tidak bisa multi-profile (1,5 persen) serta tidak ada iPhone yang bisa dilipat (0,8 persen).

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version