7 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Dapat Merusak Smartphone Kamu!

7 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Dapat Merusk Smartphone
Beri Nilai Informasi

7 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Dapat Merusak Smartphone Kamu! – Di jaman milenial seperti saat ini, smartphone bukanlah barang istimewa lagi. Hampir semua orang memilikinya, entah seri lama maupun terbaru. Hanya saja, meskipun smartphone sudah menjadi kebutuhan hidup dan selalu dibawa ke mana-mana, ternyata tidak semua orang mampu merawatnya dengan baik. Akibatnys sudah dapat ditebak, smartphone menjadi cepat rusak. Sebenarnya, apa saja yang bisa membuat smartphone cepat rusak? Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak smartphone.

7 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Dapat Merusak Smartphone Kamu!7 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Dapat Merusk Smartphone

Secara tidak sadar, ternyata kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh kita. Kebiasaan inilah yang memungkinkan terjadinya kerusakan pada smartphone yang kita gunakan. Walaupun kebiasaan ini kelihatannya sepele, ternyata memiliki pengaruh juga. Lalu apa saja kebiasaan tersebut? Berikut tujuh poin yang sudah Admin rangkum, silakan simak berikut ini!

1. Menggunakan Smartphone Saat Sedang Mengisi DayaMenggunakan Smartphone Saat Mengisi Daya

Banyak orang yang melakukan kebiasaan ini, bahkan bisa jadi termasuk Kamu. Padahal, perlu Kamu ketahui, pada saat melakukan pengisian daya baterai, smartphone menghasilkan panas yang banyak. Sementara, melakukan aktivitas dalam smartphone juga menghasilkan panas. Nah, jika kedua kegiatan ini dilakukan dalam waktu bersamaan, jelas panas yang dihasilkan juga akan semakin meningkat. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, tak berapa lama smartphone dipastikan akan mengalami gangguan.

2. Tidak Menutup Aplikasi yang Sudah DilakukanRecent Apps

Untuk smartphone android, pada saat sebuah aplikasi yang baru dijalankan, kemudian asal keluar dan menjalankan aplikasi lain, ternyata membuat aplikasi awal tadi tertutup. Ia tetap akan berjalan di belakang layar, meskipun Kamu sudah tidak membukanya dan menjalankan aplikasi yang lain. Jalannya aplikasi ini akan terus berlangsung selama tidak ditutup dan ini pastinya akan mengambil daya baterai. Bayangkan jika dalam sehari Kamu menjalankan banyak aplikasi tanpa ditutup, sudah pasti baterai bakal cepat habis dan akhirnya smartphone menjadi panas.

3. Menggunakan Casing yang Tidak TepatMenggunakan Casing yang Tidak Tepat

Saat ini, banyak tersedia casing dengan bentuk unik dan elegan. Untuk beberapa orang, penampilan chasing menjadi hal lain yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan, demi mengejar selera, banyak yang kemudian asal membeli tanpa memperhatikan cocok dengan smartphone tidak. Padahal, salah dalam memilih casing bisa menyebabkan smartphone menjadi cepat panas dan mengurangi daya baterai. Akibat fatalnya, smartphone menjadi cepat rusak jika berlangsung dalam waktu lama.

4. Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi Chatting dan Games

Dua aktivitas mengasyikkan saat menggunakan smartphone ini ternyata dapat membuat suhu baterai menjadi tinggi. Hal ini pastinya akan berakibat pada daya tahan baterai. Meskipun baru saja menggunakan, baterai sudah lowbat. Jika hal ini sering dilakukan, maka smartphone menjadi lebih cepat rusak.

5. Sering Menggunakan Smartphone di Ruang TertutupMenggunakan Smartphone Diruang Tertutup

Ruang yang tertutup dan tanpa ventilasi pastinya akan mempengaruhi suhu di dalamnya. Suhu udara yang tinggi di suatu ruang ini juga akan mempengaruhi panas yang ada dalam smartphone Kamu. Nah, jika Kamu sering menjalankan berbagai aktivitas dengan HP di ruang tertutup seperti ini, maka lambat laun smartphone Kamu akan cepat rusak.

6. Fitur Wifi atau Bluetooth Tidak DimatikanTidak Mematikan Wifi dan Bluetooth

Saat kedua fitur ini dibiarkan menyala, maka meskipun di tempat yang jauh dari jangkauan koneksi internet, smartphone akan terus melakukan pencarian koneksi. Kerja keras pencarian koneksi ini juga akan berimbas pada penggunaan daya baterai. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus dan dalam waktu lama, lambat laun smartphone Kamu akan mengalami hang atau rusak.

7. Menaruh Smartphone Didekat Benda BermagnetMenaruh Smartphone Didekat Benda Bermagnet

Untuk beberapa seri smartphone, terutama seri lama, sangat rentan terhadap benda bermagnet, terutama pada bagian layarnya. Sedangkan, untuk smartphone baru, layar relatif lebih aman. Satu-satunya efek yang bakal timbul adalah tidak akuratnya kinerja kompas yang ada dalam smartphone. Maka dari itu, untuk keamanan sebaiknya hindari meletakkan smartphone di dekat benda bermagnet.

Dari semua kebiasaan diatas, adakah yang pernah Kamu lakukan? Jika pernah, maka segeralah hentikan kebiasaan tersebut jika ingin smartphone Kamu lebih tahan lama. Gunakan smartphone sebaik mungkin!

Semoga pembahasan tadi dapat bermanfaat untuk kamu. Pantau terus perkembangan informasi terbaru dari javastech.com, Generasi Berilmu, Modern dan Canggih.

error: Salin konten dilarang