Menambahkan Lebih Dari 2 Fitur Baru, Instagram Dinilai Makin Kreatif

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Menurut data dari Hootsuite (We are Social), aplikasi tersebut adalah yang terbesar ke-4 di dunia setelah Facebook, Youtube dan WhatsApp. Namun, di Indonesia, Instagram menjadi aplikasi kedua yang paling banyak digunakan oleh lebih dari 62 penduduk.

Karena popularitas aplikasi ini, pemasar dan pembuat konten menggunakan Instagram sebagai media branding dan juga meningkatkan brand awareness. Dengan semakin banyaknya aplikasi pesaing, Instagram terus berbenah dan mengembangkan fitur-fitur yang lebih menarik guna meningkatkan jumlah penggunanya. Fitur-fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Instagram, seperti yang dilansir embedsocial.com antara lainnya,

1. Cerita Instagram (Instagram Stories) 60 detik (1 menit)

Salah satu fitur terbaru Instagram yang diperkenalkan adalah panjang story Instagram yang diperpanjang hingga 60 detik. Faktanya, Instagram sendiri diketahui akan menguji panjang cerita yang lebih panjang sejak 2021 lalu.

“Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman Stories,” kata juru bicara Meta kepada TechCrunch.

Pembaruan ini memungkinkan pengguna Instagram, terutama pembuat konten dan influencer, untuk mengunggah konten cerita berdurasi 60 detik tanpa membaginya menjadi beberapa bagian. Ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin berinteraksi dengan pengikutnya melalui cerita Instagram tanpa harus memotong setiap 15 detik.

2. Menggunakan Tambahkan Stiker Anda (Add Yours)

Stiker “Tambah” atau Add Yours memungkinkan Anda memposting konten dan cerita yang menarik. Orang lain dapat melanjutkan cerita dengan pendapat mereka sendiri tentang konten yang Anda posting.

Kabar baiknya, stiker ‘Tambahan’, yang sebelumnya hanya tersedia di Instagram Stories, kini tersedia di Instagram Reels. Dengan cara yang mengundang orang lain untuk berbagi cerita tentang topik apa pun.

Stiker ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk terhubung dan berbagi kreativitas mereka. Ini juga cara yang bagus untuk menarik orang ke konten Anda.

3. Fitur “Pin” Instagram

Pin pada Instagram juga merupakan fitur yang baru-baru ini diperkenalkan. Dengan pembaruan ini, Anda sekarang dapat menyematkan unggahan ke bagian atas kisi Instagram Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk menempatkan hingga 3 unggahan yang diinginkan di bagian atas ketika orang mengunjungi profil Instagram Anda. Sebagai referensi, fitur Instagram ini sudah ada di platform media sosial lain seperti Twitter dan TikTok. Untuk mulai memasang pin, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pos yang ingin Anda pin
  • Ketuk tiga titik di kanan atas
  • Pilih “Sematkan ke Profil”

4. Durasi Video di Reels

Salah Satu Fitur Instagram, ReelsFitur Reels di Instagram Menambahkan Panjang Durasi Video. (Instagram)

Fitur baru berikutnya di Instagram adalah panjang durasi video Reels. Seperti yang Anda ketahui, fitur yang ditawarkan Instagram melalui Reels adalah salah satu bentuk konten paling populer untuk memperluas jangkauan konten milik Anda.

Sebelumnya, Reels hanya bisa membuat video berdurasi 15, 30, atau 60 detik. Waktu sangat singkat sehingga pengguna, pemasar, dan pembuat konten tidak bisa lebih kreatif. Durasi ini sangat membatasi dalam membuat video yang menarik bagi audiens Anda.

Untuk mengatasi rasa takut dan bersaing dengan saingan terdekatnya, Tiktok, Instagram telah menambahkan panjang video ke Reelsnya. Pembaruan fitur terbaru Instagram 2022 memperpanjang durasi video reel hingga 90 detik.

5. Menambahkan fitur Tambah Musik (Add Music)

Kebanyakan orang menjaga feed mereka semenarik mungkin. Estetika menjadi perhatian besar bagi pengguna Instagram dan pembuat konten.

Instagram telah menambahkan fitur “Add Music” yang memungkinkan pengguna atau pembuat konten untuk membuat feed dengan musik yang dapat membuat konten mereka lebih menarik.

Fitur musik ini hampir identik dengan fitur Reels. Audio atau musik yang ditambahkan bisa sampai 90 detik atau 1,5 menit. Namun, suara yang ditambahkan hanya dari direktori Instagram. Ini tidak seperti Reels di mana Anda dapat menggunakan audio pribadi.

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.