3 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10 Tanpa Software Khusus

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10
Beri Nilai Informasi

3 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10 – Satu hal yang selalu menjadi kendala bagi pengguna Windows 10 adalah koneksi internetnya yang lambat. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bukankah Windows 10 mempunyai banyak kelebihan? Mulai dari tampilan taskbar yang kembali dengan tombol start, adanya Microsoft Edge, cortana, dan task view? Ya, itu semua merupakan kelebihan dari Windows 10 untuk menyempurnakan generasi sebelumnya.

Hanya saja, adanya fitur Auto-Tuning yang diaktifkan secara default dan berfungsi untuk meningkatkan performa saat menjalankan data TCP yang justru menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang, sebenarnya Windows sendiri telah memberikan solusi untuk lebih mempercepat koneksi internet. Berikut ini beberapa cara mempercepat koneksi internet di Windows 10 yang bisa Kamu lakukan.

3 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10

1. Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning

Karena penyebab utama koneksi internet lambat adanya fitur Windows Auto-Tuning, maka fitur ini sebaiknya dinonaktifkan terlebih dahulu pada saat akan mengakses internet. Perlu diketahui, dalam menjalankan tugasnya untuk meningkatkan performa, fitur ini menggunakan koneksi internet dalam jumlah banyak. Tak heran jika internet kemudian menjadi lambat saat Kamu mengakses internet. Adapun cara menonaktifkannya sebagai berikut:

  • Temukan CMD di pencarian Windows Explorer setelah itu jalankan dengan Run As AdministratorCommand Prompt
  • Saat jendela CMD muncul, ketik netsh interface tcp show global untuk mengetahui apakah fitur tersebut aktif, kemudian klik Enter.Ketik Perintah netsh interface tcp show global
  • Jika fitur tersebut aktif, maka pada layar berikutnya akan tampak bahwa pada bagian Receive Windows Auto-Tuning Level mempunyai status Normal/Enable. Untuk membuat agar statusnya menjadi disable, silahkan ketik netsh int tcp set global autotuninglevel=disable di bagian bawah layar, kemudian Enter.Ketik Perintah netsh int tcp set global autotuninglevel=disable
  • Setelah itu, klik tulisan Ok yang muncul yang memberitahukan bahwa fitur tersebut telah berhasil dinonaktifkan. Selanjutnya, silakan untuk mengakses internet dengan proses lebih cepat.

2. Mengatur Batas Bandwith Internet

Cara lain yang bisa Kamu lakukan agar koneksi internet menjadi cepat adalah dengan mengatur batasan bandwith internet yang digunakan. Biasanya, windows menggunakan 20% dari bandwith yang disediakan, sisanya baru digunakan untuk aktivitas koneksi internet lainnya. Nah, agar koneksi internet lebih cepat, Kamu bisa memaksimalkannya menjadi 100% dengan cara seperti ini:

  • Gunakan tombol kombinasi WinKey + R pada keyboard untuk memunculkan jendela Run.
  • Ketik gpedit.msc kemudian klik OK atau tekan Entergpedit.msc pada RUN
  • Pada tampilan layar berikutnya, double klik pada bagian Computer Configuration pada bagian kiri, kemudian pilih Administrative TemplatesLocal Group Policy Editor
  • Pilih Network dan pilih QoS Packet SchedulerNetwork dan QoS Packet Scheduler
  • Setelah itu, pilih Limit Reservable BandwithLimit Reservable Bandwith
  • Klik Enable pada jendela Limit Resevable Bandwith dan pada bagian Bandwith Limit (%), ubah dari 0 menjadi 80 (Biasanya otomatis berubah menjadi 80 dengan sendirinya apabila sudah di Enable)Atur Bandwidth
  • Setelah itu klik Apply dan OK serta lanjutkan dengan mengakses internet lebih cepat!

3. Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

Fitur update otomatis yang ada dalam sistem operasi Windows 10 ternyata juga membuat koneksi internet menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, nonaktifkan fitur tersebut dengan cara berikut.

  • Pada taskbar, klik ikon Search kemudian ketik Control Panel. Double klik pada bagian tersebutBuka Control Panel
  • Ketik Administrative Tools pada kotak pencarian di jendela Control PanelAdministrative Tools
  • Double klik pada pilihan Service kemudian cari option Windows Update dan double klik di bagian tersebutMenu ServiceWindows Update
  • Pada jendela Windows Update Properties, klik Stop pada bagian Service Status: RunningStop Windows Update
  • Setelah itu, silahkan Kamu mengakses internet dengan koneksi lebih cepat

Demikian pembahasan kategori komputer tentang bagaimana caranya untuk mempercepat koneksi internet di Windows 10. Semoga bermanfaat untuk kamu.

Jangan lupa untuk berlangganan notifkasi informasi atau bookmark situs ini agar kamu mendapatkan update informasi secara cepat dari javastech.com!

error: Salin konten dilarang