Bantu saudara kita yang terkena dampak bencana alam NTT dengan berdonasi

2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Cara Mengurangi Ukuran Video

2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya – Seiring teknologi yang semakin canggih, maju dan terbarukan ada beberapa dampak yang ditimbulkan olehya dan salah satunya adalah dari dari bidang broadcasting, yaitu soal video. Dengan teknik perekaman yang semakin canggih karena alat-alat dan software -nya, maka keluaran dari rekaman tersebut akan menghasilkan video dengan kualitas yang jernih dan tinggi. Dahulu, kualitas video hanya dikatakan sebatas HD saja (High Definition). Namun sekarang, kualitas video sudah mencapai 4K bahkan YouTube saja sudah support untuk menampilkan video hingga berkualitas 8K. Hebat bukan?

Tetapi hasil video dengan kualitas terbaik tersebut tentu memiliki efek sampingnya, yakni ukuran file yang begitu besar. Apabila kita memiliki dan menyimpan video dengan ukuran yang besar tersebut, tentu akan membuat penyimpanan pada media akan bekurang dengan jumlah yang cukup signifikan. Oleh karenanya, mengkompres atau mengurangi file video bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar jumlah ukuran file dapat berkurang sehingga media penyimpanan bisa lebih hemat untuk beberapa persen.

2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi KualitasnyaCara Mengurangi Ukuran Video

Kali ini, Java’sTech akan memaparkan bagaimana caranya untuk memperkecil ukuran file video bahkan tanpa harus mengurangi kualitasnya. Tetapi cara yang satu ini membutuhkan sebuah software untuk membantu melakukannya, sebab ada tools-tools yang dapat digunakan agar pengurangan ukuran file dapat dilakukan. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya berikut ini.

1. Menggunakan Freemake Video Converter

Memperkecil Ukuran File Video

  • Install softwarenya dan buka program tersebut.
  • Pilih video yang ingin diperkecil atau dikompres ukurannya dengan klik “Video”.Pilih Video
  • Pilih format output yang dikeluarkan. Disini Admin sebagai contoh memilih format MP4 sebagai hasil keluarannya.Pilih Format Output
  • Atur ukuran file sesuai keinginan, kemudian klik “Convert”.Atur Ukuran File Video

Cara yang satu ini cocok untuk kamu apabila tidak ingin repot namun menginginkan video dengan kualitas yang bagus dan ukuran file video yang kecil. Setelah kamu klik “Convert” maka biarkan program menjalankan tugasnya sesuai dengan setelan yang diinginkan.

Mengubah Resolusi Video

Nampaknya resolusi yang tinggi seperti 720p dan 4K, membuat ukuran file video semakin besar karena resolusi tersebut menghasilkan kualitas terbaik. Tetapi, karena keterbatasan memori penyimpanan, kebanyakan orang lebih memilih untuk menurunkan resolusinya menjadi 360p atau maksimal 480p saja. Cara ini direkomendasikan bagi kamu pengguna smartphone dengan memori penyimpanan yang rendah. Berikut langkah-langkah untuk mengubah resolusi video.

  • Buka program Freemake Video Converter.
  • Pilih video yang ingin diperkecil atau diubah resolusinya dengan klik “Video”.
  • Pilih format output yang diinginkan.
  • Klik ikon setelan seperti pada gambar berikut.Ikon Setelan Preset VideoKemudian pilih resolusi video yang kamu inginkan. Setelah menentukan resolusinya, klik “OK”.Pilih Resolusi Video
  • Terakhir kamu convert videonya.

Mengubah Codec VideoUbah Codec Video

Ada beberapa jenis codec video dimana masing-masing memiliki kualitas yang berbeda-beda. Dengan mengubah codec video ini ukuran file dari video tersebut bisa berkurang sampai dengan 2-3 kali lipat. Salah satu codec yang paling efisien adalah H.264.

Mengubah Frame RateFrame Rate Video

Frame rate merupakan jumlah frame yang dimunculkan tiap detiknya. Frame rate sebuah video jumlahnya bervariasi, biasanya antara 24-30 fps. Tetapi untuk video sekarang bisa mencapai 60 fps. Untuk memperkecil video, kamu bisa menurunkan frame rate tersebut, misalnya yang tadinya 60 fps menjadi 30 fps. Dengan ini maka ukuran video juga akan menurun secara signifikan. Namun cara ini dapat mengurangi kehalusan dari video tersebut.

Mengurangi Nilai Bitrate VideoBitrate Video

Bitrate juga memengaruhi ukuran dari sebuah video, semakin kecil nilai bitrate dari sebuah video maka semakin kecil juga ukuran dari file video tersebut. Jika kamu ingin memperkecil ukuran file video, maka kamu bisa mengurangi nilai dari bitrate video tersebut. Namun, hal yang perlu kamu ingat adalah tidak boleh mengurangi bitrate video terlalu rendah karena bisa berakibat buruk pada kualitas video, disarankan nilai bitrate antara 1400 sampai 2000 kbps saja.

2. Menggunakan “Handbrake”

Handbrake adalah sebuah software yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video setelah Freemaker Video Converter. Software ini merupakan software multiplatform, maksudnya adalah kamu bisa menggunakan di berbagai OS seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Berikut ini adalah cara untuk memperkecil file video dengan menggunakan handbrake.

  1. Download, install dan jalankan software Handbrake.
  2. Klik File untuk mengambil video dari penyimpanan hardisk.Ambil Video
  3. Pilih tab menu “Summary” dan pilih lagi format keluarannya. Disarankan menggunakan format MP4 saja karena format ini paling banyak digunakan dalam video selain itu ia paling efisien dalam hal penyimpanan ruangan. Jangan lupa juga centang bagian “Web Optimized”.Ubah Format
  4. Selanjutnya, ubah kualitas video menjad lebih kecil seperti 720p,480p atau 360p.Ubah Kualitas Video
  5. Ubah video codec menjadi 264.Ubah Codec Video Handbrake
  6. Terakhir atur dimana destinasi penyimpanan video dan setelah itu klik start untuk memulai prosesnya.Atur Destinasi Penyimpanan
  7. Selesai.

Demikianlah 2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya. Semoga pembahasan kali ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengurangi ukuran video dengan ukuran yang besar. Selamat mencoba!